Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hore! Pegadaian Tetapkan Bunga 0 Persen Selama Tiga Bulan

Program tersebut akan menetapkan bunga 0 persen bagi nasabah dengan pinjaman kurang dari Rp1 juta.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 27 April 2020  |  11:11 WIB
Petugas melayani nasabah di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas melayani nasabah di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pegadaian (Persero) menetapkan bunga 0 persen bagi sejumlah nasabahnya melalui program bertajuk Gadai Peduli. Program tersebut dibuat untuk memberikan keringanan bagi nasabah di tengah pandemi virus Corona.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan bahwa pihaknya akan meluncurkan program Gadai Peduli yang ditujukan bagi nasabah gadai konvensional dan syariah. Program tersebut akan menetapkan bunga 0 persen bagi nasabah dengan pinjaman kurang dari Rp1 juta.

"Target kami kalau bisa membantu meringankan 5 juta nasabah gadai, di mana 3,5 juta nasabah eksisting dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan," ujar Kuswiyoto pada Senin (27/4/2020).

Dia menjelaskan bahwa program tersebut akan efektif dimulai pada 1 Mei 2020 hingga 31 Juli 2020. Adapun, untuk mendapatkan bunga 0 persen itu, nasabah penerima tidak bisa berasal dari satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.

Kuswiyoto pun menjelaskan bahwa program Gadai Peduli turut memberikan penundaan jatuh tempo lelang, dari yang selama ini 15 hari menjadi 30 hari. Hal tersebut diterapkan kepada seluruh nasabah tanpa kecuali.

"Program ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah untuk bisa melunasi [pinjamannya], batas akhir waktu program akan ditetapkan kemudian," ujar dia.

Sebelumnya, Pegadaian telah mengeluarkan program relaksasi dan restrukturisasi angsuran untuk produk non gadai sebagai respon atas pandemi Covid-19 yang menyebabkan kesulitan ekonomi. Menurut Kuswiyoto, diharapkan Gadai Peduli dapat membantu meringankan beban perekonomian masyarakat saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pegadaian Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top