Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontroversi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Anggota Komisi IX DPR Usul Perpres 64/2020 Dicabut

Dewan Perwakilan Rakyat meminta pencabutan Peraturan Presiden (Perpres) No.64/2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Prepres No.82/2018 tentang Jaminan Kesehatan.
Karyawan beraktivitas di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat meminta pencabutan Peraturan Presiden (Perpres) No.64/2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Prepres No.82/2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Aturan tersebut merupakan pengganti beleid sebelumnya karena Perpres No.75/2019 Pasal 34 dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA). Setelah beleid tersebut dibatalkan muncul kembali Perpres No.64/2020.

Hal ini karena putusan MA hanya membatalkan ketentuan Pasal 34 dalam Perpres 75/2019, sedangkan Perpres 64/2020 mengatur banyak hal lainnya yang tidak diputuskan oleh MA.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Ansory Siregar menilai pemerintah tidak peka terhadap keadaan masyarakat di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

“Di sini pemerintah tidak memberikan contoh yang baik tentang penagakan hukum. Belum lama masyarakat mendengarkabar Pembatalan iuran kenaikan, muncul tiba-tiba kenikan lagi, ini pemerintah tidak merasakan penderitaan masyarakat di tengah pandemi,” kata Ansory, Rabu (13/5/2020).

Pemerintah juga tidak mengubah batas atas bagi perhitungan iuran peserta PPU, yakni Rp12 juta. Namun, dalam Pasal 32 Perpres No. 64/2020, pemerintah menentukan batas bawah perhitungan iuran itu sebesar upah minimum kabupaten/kota, atau sebesar upah minimum provinsi jika pemerintah daerah tidak menetapkan upah minimum kabupaten/kota.

Perubahan cukup signifikan terjadi bagi peserta mandiri, yakni peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

Rinciannya, untuk 2020 peserta mandiri Kelas III akan membayarkan iuran Rp25.500 dan pemerintah pusat mensubsidi iuran senilai Rp16.500, sehingga total iurannya menjadi Rp42.000, sama seperti peserta PBI. Namun, mulai awal 2021, iuran yang disubsidi pemerintah berkurang menjadi Rp7.000 sehingga iuran yang ditanggung peserta naik menjadi Rp35.000.

Meski pemerintah tetap memberikan subsidi untuk kelas III, lanjutnya, keputusan tersebut masih memberatkan. “Selama ini keputusan DPR tetap tidak boleh naik [iuran BPJS Kesehatan], karena masih banyak masyarakat yang tidak bisa bayar premi,” katanya.

Dia mengatakan sebelumnya juga telah melakukan pembicaraan dengan pakar asuransi bahwa sebenarnya mudah bagi pemerintah untuk membayarkan premi bagi peserta mandiri.

“Kalau mau menaikkan ya paling tidak di 2021 atau 2022. Perlu ada pembahasan lagi, kalau saat ini, masyarakat akan sulit apalagi di tengah pandemi. Kalau sekarang kan tiba-tiba,” katanya.

Anggota Komisi IX DPR  Kurniasih Mufidayati menambahkan penerbitan Perpres 64/2020 sangat tidak sesuai karena pada saat ini kondisi masyarakat masih dalam situasi Bencana Nasional atau di tengah pandemi Covid-19.

 “Penerbitan Perpres ini bukan merupakan pelaksanaan amar putusan MA, dimana apa yang diperintahkan oleh MA tetap belum dilaksanakan,” jelasnya.

Menurutnya penjadwalan kenaikan dengan pemberian waktu tenggang, bukan merupakan jawaban atau pelaksanaan putusan MA tersebut, melainkan merupakan financial scheme dalam rangka kebijakan keuangan dan hanya berlandaskan pada sudut pandang ekonomi bukan perwujudan keadilan sosial, dan jaminan sosial dalam bidang kesehatan.

“Seharusnya Pemerintah membantu meringankan beban rakyat di saat Pandemi yang memberatkan ekonomi rakyat, bukan menambah beban rakyat. Regulasi ini juga pasti akan menjadi beban bagi APBD,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper