Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Pandemi Covid-19, Layanan Robot di Perbankan Nordik Berkembang Pesat.

Perbankan di negara-negara Nordik mulai merasakan peningkatan layanan robot sebagai penasehat keuangan.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  13:09 WIB
Bank Nordea beroperasi di empat negara-negara Nordik yakni di Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia. -  nordea.com
Bank Nordea beroperasi di empat negara-negara Nordik yakni di Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia. - nordea.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Perbankan di negara-negara Nordik mulai merasakan peningkatan layanan robot sebagai penasehat keuangan.

Peningkatan layanan robot tersebut seiring dengan adanya pandemi Covid-19. Selain itu, layanan robot dinilai lebih memberikan nilai tambah ketimbang manusia.

Bank Nordea, perusahaan keuangan terbesar di negara-negara Nordik, mencatat layanan penasehat keuangan robot menarik sekitar 40% lebih banyak pengguna selama Covid-19 dibandingkan rata-rata tahun lalu.

Selama periode yang sama, penasihat keuangan manusia melirik bisnis baru, alih-alih menghabiskan waktu membantu klien menyeimbangkan kembali portofolio yang ada.

Kepala produk investasi di unit kekayaan Nordea di Helsinki Tanja Eronen mengatakan penasihat robot Bank Nordea yang dijuluki Nora memainkan peran penting dalam membantu bank melewati krisis. Peranan robot juga menunjukkan perkembangan yang menarik dalam perilaku klien.

Pasalnya, milenial lebih senang berbicara dengan robot daripada bankir manusia. Generasi milenial itu kemudian juga lebih suka melakukan pembelian oportunistik daripada klien yang lebih tua.

“Di situlah Nora melakukan sebagian besar pekerjaannya, membimbing investor hingga usia 40,” katanya seperti dikutip lewat Bloomberg, Minggu (24/5/2020).

Sementara itu, pelanggan berusia 60 tahun ke atas cenderung ingin menjual porsi kepemilikan mereka. Nasabah di usia tersebut lebih suka menghabiskan uang ekstra untuk meminta penasihat manusia dalam menghadapi kepanikan daripada mengandalkan robot.

Bagi Bank Nordea, memiliki robot untuk menangani pelanggan muda yang sering menjadi investor pertama kali terbukti sangat membantu. Sementara itu, penasihat manusia berpengalaman cenderung akan memberikan layanan untuk menghabiskan waktu pada investor yang membutuhkan sentuhan pribadi.

“Nora jelas membantu mengurangi tekanan pada penasihat investasi kami, yang sudah sibuk membantu puluhan ribu klien yang ada melalui perubahan pasar,” katanya.

Bankir robot diperkenalkan di seluruh Skandinavia kurang dari setengah dekade yang lalu. Sebagian besar dinamai wanita, robot penasihat akan memandu klien melalui opsi investasi yang tersedia berdasarkan penilaian risiko.

Ada juga robot yang menyediakan layanan pelanggan yang lebih mendasar, seperti manajemen akun sederhana.

Dalam beberapa tahun keberadaan robot penasehat ini, juga difungsikan untuk menangani tugas-tugas seperti membantu orang menunda pembayaran pinjaman mereka. Selama krisis Covid, permintaan untuk layanan semacam itu telah melonjak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan Virus Corona covid-19
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top