Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang RDG BI, Ekonom: BI Berpeluang Pangkas Suku Bunga Acuan

Ada beberapa hal yang akan mendorong BI untuk memangkas suku bunga acuan, yaitu meredanya kepanikan di pasar keuangan global dan mulai situasi di dalam negeri.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  10:08 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan pada jumpa pers terkait Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Jakarta, Kamis (17/1). Bisnis - Nurul Hidayat
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan pada jumpa pers terkait Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Jakarta, Kamis (17/1). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana memprediksi Bank Indonesia bakal kembali memangkas suku bunga acuan atau atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) menjadi 4,25 persen.

"Kami memprediksi bank setral akan menurunkan suku bunga 25 bps pada Rapat Dewan Gubernur yang akan berlangsung 18 Juni," katanya ketika dihubungi Bisnis, Selasa (16/8/2020).

Wisnu mengatakan ada beberapa hal yang akan mendorong BI untuk memangkas suku bunga acuan, yaitu meredanya kepanikan di pasar keuangan global dan mulai situasi di dalam negeri.

Seperti diketahui, neraca perdagangan Indonesia Mei 2020 mencatat surplus us$2,09 miliar setelah pada bulan sebelumnya defisit US$372,1 juta.

Di sisi lain, cadangan devisa (cadev) pada Mei 2020 juga mengalami kenaikan 2,8 persen atau sekitar US$2,7 miliar.

"Kami pikir bank sentral akan menggunakan jendela peluang terbatas ini dengan memanfaatkan ruangnya untuk pelonggaran moneter. Paling tidak pada saat ini cukup stabil untuk melakukan perubahan kebijakan," jelasnya.

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 18-19 Mei 2020 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pada level 4,5 persen.

Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan keputusan tersebut mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar di tengah ketidakpastian global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia suku bunga acuan rdg
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top