Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNI Gandeng Gojek Salurkan Kredit UMKM, Sasar Mitra Gofood Bunga 6 Persen

Sejak melakukan kerja sama, BNI menyasar penyaluran kredit pada mitra Gofood.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  09:05 WIB
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang milik PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang ada di Jakarta, Senin (25/2). Bisnis - Nurul Hidayat
Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang milik PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang ada di Jakarta, Senin (25/2). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menggandeng platform Gojek untuk menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai Bank Himbara, BNI mendapatkan penugasan penempatan uang negara untuk menyalurkan kredit ke masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, BNI akan melaksanakan ekspansi kredit pada sektor riil untuk korporasi, usaha menegah dan kecil, serta consumer loan dalam 3 bulan ke depan senilai Rp15,04 triliun.

Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BNI Tambok P. Setyawati mengatakan kerja sama BNI dengan Gojek dalam menyalurkan kredit telah dilakukan sejak 2018. Sejak melakukan kerja sama, BNI menyasar penyaluran kredit pada mitra Gofood.

"Penyalurannya dengan penawaran kepada mitra Gofood yang potensial untuk mendapatkan fasilitas kredit," katanya kepada Bisnis, Selasa (21/7/2020).

Tambok menjelaskan kredit yang disalurkan kepada mitra Gofood tersebut berupa kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 6 persen. Nantinya, penyaluran kredit melalui platform Gofood juga tidak menutup kemungkinan untuk mengarah ke skema komersial.

"Tujuannya agar semakin banyak UMKM yang bisa menikmati [kredit]," katanya.

Menurutnya, penyaluran kredit ke UMKM yang dilakukan BNI tidak hanya terbatas pada Gojek semata, melainkan juga e-commerce maupun perusahaan teknologi finansial lainnya.

"Target tidak terbatas Gojek, tetapi juga e-commerce dan fintech," sebutnya.

Adapun, Gojek Indonesia terpilih menjadi salah satu mitra pemerintah dan bank Himbara untuk mendukung penyaluran kredit bagi sektor UMKM yang dikemas dalam produk DigiKu.

Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan bagi Gojek, bergabungnya perusahaan itu dalam program DigiKu yang diluncurkan oleh Kemenko Maritim dan investasi bersama Himbara merupakan salah satu bentuk kontribusi startup anak bangsa ini mensukseskan inisiatif Bangga Buatan Indonesia.

“Sejak awal Mei lalu, Gojek terus berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan berbagai Kementerian dan Instansi. Kolaborasi dengan Himbara kali ini merupakan perluasan dari komitmen kami membantu jutaan UMKM yang terdampak pandemi supaya mereka bisa bangkit, dan maju bersama Gojek menggerakkan perekonomian Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni umkm Gojek
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top