Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BTPN Syariah (BTPS) Optimistis Cetak Kinerja Pembiayaan di Atas Industri

Adapun realisasi penyaluran pembiayaan BTPN Syariah pada semester I/2020 adalah senilai Rp8,74 triliun atau tumbuh 2% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  11:59 WIB
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk.
PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank BTPN Syariah Tbk. optimistis mampu menyalurkan pembiayaan di atas proyeksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni sebesar 3% sampai 4% pada tahun ini.

Adapun realisasi penyaluran pembiayaan BTPN Syariah pada semester I/2020 adalah senilai Rp8,74 triliun atau tumbuh 2% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Direktur Bank BTPN Syariah Fachmy Achmad mengatakan seluruh industri perbankan terdampak pandemi Covid-19 sehingga revisi rencana bisnis bank merupakan hal yang akan dilakukan. Teranyar, OJK baru saja merevisi proyeksi penyaluran kredit perbankan yang tahun ini dinilai hanya akan tumbuh di kisaran 3% sampai 4%.

Menurutnya, pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang bisa diperoleh perseroan dapat mencapai 15%- 20% dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, adanya pandemi Covid-19 telah memukul pertumbuhan pembiayaan perseroan.

"Kita punya prinsip, kalau industri standar 3%, kita selalu berusaha di atas itu, standar kita lebih besar," katanya, Selasa (29/7/2020) malam.

Fachmy menjelaskan, pertumbuhan pembiayaan yang tinggi mampu diperoleh dari normalnya aktivitas masyarakat. Biasanya, saat kondisi normal, jelang lebaran permintaan pembiayaan akan tinggi terutama datang dari ibu keluarga pra sejahtera yang menjadi nasabah terbesar BTPN Syariah.

Seiring dengan transisi pembatasan sosial skala besar (PSBB), nasabah BTPN Syariah saat ini berangsur memulai usaha kembali. Nassabah yang membutuhkan tambahan modal kerja diberikan tambahan pembiayaan.

Realisasi restrukturisasi pun dinilai mulai menurun. Saat ini realisasi restrukturisasi kredit masih 50% sampai 60% dari total protofolio kredit.

"Juni-Juli mulai turun jauh, nanti kita infokan pada kuartal III, karena saat ini masih terlalu dini mengatakan kondisi mulai membaik, kita butuh melihat beberapa bulan ke depan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah perbankan btpn BTPN Syariah
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top