Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Mandiri jadi Mitra Distribusi Sukuk Ritel SR013

SR013 diterbitkan dalam mata uang rupiah dan dipasarkan melalui mitra distribusi yang telah ditunjuk pemerintah.
Karyawan melayani nasabah saat transaksi di Kantor Cabang Mandiri Syariah Thamrin, Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan melayani nasabah saat transaksi di Kantor Cabang Mandiri Syariah Thamrin, Jakarta, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Syariah Mandiri ditunjuk pemerintah menjadi Mitra Distribusi Sukuk Negara Ritel Seri SR013 dengan nilai kupon 6,05 persen.

SR013 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berupa investasi sukuk yang ditujukan bagi investor perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) di pasar perdana. SR013 diterbitkan dalam mata uang rupiah dan dipasarkan melalui mitra distribusi yang telah ditunjuk pemerintah.

Penawaran (book building) SR013 berlangsung mulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 23 September 2020. Produk investasi ini memiliki jangka waktu tiga tahun dengan nominal pemesanan minimum Rp1 juta per unit dan maksimal Rp3 miliar.

Direktur Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan sesuai akad ijarah asset to be leased, maka SR013 akan memberikan imbalan atau kupon setiap bulan.

“Adapun jenis imbalannya adalah fixed coupon yang dibayarkan setiap bulan. Besaran imbalan atau kupon SR013 adalah 6,05 persen,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Minggu (30/8/2020).

SR013 dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik menggunakan harga yang berlaku di pasar, sehingga investor memiliki kesempatan untuk mendapatkan capital gain.

Lebih lanjut Anton mengatakan pemesanan SR013 dilakukan secara online melalui sistem e-SBN Kementerian Keuangan yang terkoneksi dengan sistem mitra distribusi dalam hal ini Mandiri Syariah Netbanking.

Sebelum melakukan pemesanan, nasabah akan melakukan registrasi untuk memperoleh nomor Single Investor Identity (SID) dan nomor Sub Rekening Efek (SRE). Kemudian nasabah mendaftarkan kembali nomor SID dan SRE tersebut ke sistem e-SBN untuk pemesanan lebih lanjut melalui Mandiri Syariah Netbanking.

Selanjutnya, nasabah dapat langsung melakukan pembayaran melalui bank persepsi dengan berbagai saluran pembayaran seperti Mandiri Syariah Mobile, Mandiri Syariah Netbanking dan teller.

Anton menambahkan SR013 merupakan instrumen keuangan potensial bagi masyarakat karena diterbitkan oleh pemerintah.

“Insya Allah investasi ini aman, halal, menguntungkan, terjangkau dan tentunya melalui investasi ini nasabah dapat turut serta berkontribusi membangun infrastruktur Negara,” jelasnya.

Bagi Bank produk ini menjadi gerbang untuk menarik nasabah baru serta menjadi diversifikasi produk kepada nasabah eksisting dengan mayoritas investor di Mandiri Syariah adalah golongan berpenghasilan tetap, pegawai swasta, dan generasi milenial.

"Alhamdullilah, penjualan sukuk pada periode sebelumnya selalu bagus, portofolio nasabah yang membeli sukuk baik sukuk ritel maupun sukuk tabungan juga selalu mengalami peningkatan. Semoga penunjukkan Mandiri Syariah sebagai mitra distribusi SR013 akan semakin meningkatkan corporate image Mandiri Syariah sebagai bank syariah terbesar yang mendukung dan berperan serta dalam program Pemerintah khususnya industri keuangan syariah,” pungkas Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper