Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wow! Nilai Simpanan di Bank Umum Capai Rp6.388 Triliun

Data tersebut bersumber dari Laporan Posisi Simpanan yang disampaikan oleh 110 bank umum kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 10 September 2020  |  08:54 WIB
Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Jumlah simpanan di bank umum mengalami kenaikan sebesar 5,12 persen per Juli 2020 dibandingkan dengan posisi akhir 2019 (year to date/YTD) menjadi Rp6.388 triliun.

Berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), peningkatan ini juga diikuti dengan naiknya jumlah rekening di bank umum yang naik sebesar 5,97 persen menjadi 319.698.686 rekening.

Data ini bersumber dari Laporan Posisi Simpanan yang disampaikan oleh 110 bank umum kepada LPS. 110 bank umum tersebut terdiri dari 96 bank umum konvensional dan 14 bank umum syariah.

LPS menjamin simpanan hingga Rp2 miliar per nasabah per bank dengan memenuhi 3 syarat. Pertama, tercatat dalam pembukuan bank.

Simpanan yang dinyatakan tercatat dalam pembukuan bank yakni terdapat data nomor rekening atau bilyet, nama nasabah, saldo rekening, dan informasi berkaitan dengan rekening. Simpanan tersebut juga memiliki bukti riwayat yang menunjukkan keberadaan simpanan.

Kedua, tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjamiann LPS. Nasabah harus memperhartikan suku bunga dan cashback yang diberikan bank agar simpanan dijamin LPS.

Tingkat suku bunga penjaminan pada bank umum adalah sebesar 5,25 persen (rupiah) dan 1,50 persen (valuta asing). Di BPR, suku penjaminan simpanan rupiah LPS adalah sebesar 7,75 persen.

Ketiga, nasabah tidak melakukan tindakan yang merugikan bank. Tindakan tersebut seperti tidak memiliki kredit macet dan melunasi kewajiban utang tepat waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tabungan lps deposito simpanan perbankan giro
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top