Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mudahkan Nasabah di Masa Pandemi, BCA Hadirkan 3 Fitur Digital. Apa Saja?

Fitur pertama yakni QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 10 September 2020  |  18:48 WIB
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk. menghadirkan tiga fitur digital yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi finansial dengan mudah di tengah pandemi Covid-19.

Fitur pertama yakni QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS. QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR code dari BCA mobile dan berbagai aplikasi pembayaran yang memudahkan nasabah untuk membayar belanja tanpa sentuhan di berbagai merchant. 

Fitur kedua adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Nasabah cukup mengakses fitur Cardless di BCA mobile dan dapat dengan mudah menarik uang tanpa kartu di ATM BCA.

Fitur ketiga dan yang terbaru dari BCA adalah Debit Online yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online. Fitur Debit Online BCA ini memberikan keleluasaan nasabah dalam mengatur transaksi online melalui BCA mobile.

Direktur BCA Santoso mengatakan fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan sekaligus bagi nasabah yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas. Nasabah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi, nasabah dapat mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile.

Selain itu, fitur ini memungkinkan nasabah untuk menggunakannya sebagai metode pembayaran online baik di dalam maupun luar negeri. Fitur ini juga dapat digunakan berbelanja di seluruh platform e-commerce, toko online, dan layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard.

“Tak dapat dipungkiri bahwa digitalisasi saat ini mendominasi berbagai aspek kehidupan masyarakat khususnya di tengah tantangan Covid-19 dan era menuju era normal saat ini. Digitalisasi menawarkan masyarakat pada kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan, apalagi di situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk jaga jarak (physical distancing)," katanya seperti dikutip dalam rilis, Kamis (10/9/2020).

Navin Jain, Country Manager of PT Mastercard Indonesia, mengatakan pandemi Covid-19 telah mempercepat pengadopsian kebiasaan pembayaran digital dan nontunai pada konsumen. Perubahan perilaku melakukan pembelian secara online diprediksi akan bertahan lama, bahkan hingga pandemi berakhir, dengan studi terbaru menunjukkan bahwa hampir 60% konsumen telah mencoba sebuah metode belanja digital baru .

Saat ini, lanjutnya, banyak orang lebih memilih untuk melakukan pembayaran nontunai agar tetap aman, serta mengurangi kontak fisik. Mastercard pun bekerja sama dengan BCA dalam memungkinkan kartu debit Mastercard sebagai alat pembayaran online berbagai transaksi di marketplace dan app store, berlangganan berbagai layanan dan lainnya.

"Mastercard menganjurkan para pemegang kartu untuk mengaktifkan fitur Debit Online agar dapat melakukan transaksi online dengan aman, simpel, dan nyaman dengan kartu debit Mastercard," sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca perbankan Digital Banking
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top