Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI dan Modal Rakyat Jalin Kerja Sama Penyaluran Pembiayaan UMKM

BRI dan Modal Rakyat berharap kerja sama ini turut menginspirasi kesadaran masyarakat untuk mendukung pengembangan UMKM.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  18:29 WIB
Co-Founder Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin (kiri) dan Assistant Vice President BRI Mikro Razaq Manan Ahmad berpose usai penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan untuk UMKM.  - Dok. Modal Rakyat
Co-Founder Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin (kiri) dan Assistant Vice President BRI Mikro Razaq Manan Ahmad berpose usai penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan untuk UMKM. - Dok. Modal Rakyat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Persero (BRI) resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi finansial (tekfin) Modal Rakyat. Kerja sama yang diumumkan pada Selasa (13/10/2020) ini mencakup program pembiayaan Rp30 miliar untuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Modal Rakyat mengatakan bahwa penyaluran diperkirakan berkisar Rp250 juta untuk setiap penerima.

"Kami sangatlah beruntung bisa mendapat kepercayaan dari BRI sebagai bank ternama di Indonesia. Kami berharap kerjasama ini bisa meng akselerasi inklusi keuangan, terutama mendukung para pelaku UMKM dalam menghadapi situasi pandemi," tutur Co-Founder Modal Rakyat Stanislaus MC Tandelilin.

Dengan kerja sama ini, Stanis berharap kontribusi perusahaannya untuk sektor UMKM akan semakin maksimal. Sejauh ini, Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan ke lebih dari 4.000 penerima yang didominasi UMKM dengan nilai total Rp550 miliar. Nominal ini telah melampaui target perusahaan hingga akhir tahun yang dipatok sebesar Rp500 miliar.

Stanis juga berharap kerja sama ini bisa menginspirasi pihak lain untuk ikut berpartisipasi meningkatkan kesadaran terhadap dukungan UMKM. 

"Tidak hanya kolaborasi dan kerja sama antar industri, melainkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung perkembangan UMKM juga masih sangat diperlukan."

Secara terpisah, pihak BRI juga menyembut kerja sama ini sebagai upaya mereka untuk mewujudkan salah satu misi perusahaan, yakni "melakukan kegiatan perbankan terbaik dengan mengutamakan segmen mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat."

Adapun BRI memilih Modal Rakyat sebagai mitra karena perusahaan ini telah masuk dalam 5 besar perusahaan tekfin peer to peer lending yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia, serta masuk dalam 10 besar perusahaan tekfin dengan lender awareness tertinggi bila mengacu BRI Venture and Daily Social Report Study 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan kredit umkm modal rakyat
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top