Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Erick Thohir Tunjuk Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman jadi Komisaris IFG

Dalam salinan dokumen yang diperoleh Bisnis, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa pengangkatan Hotbonar dan Arief merupakan langkah untuk memenuhi ketentuan minimal 20% Komisaris Independen dalam susunan keanggotaan Dewan Komisaris BPUI.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  08:15 WIB
Hotbonar Sinaga - Istimewa
Hotbonar Sinaga - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman sebagai Komisaris Independen Indonesia Financial Group atau IFG. Kini grup yang dipimpin PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI itu terdiri dari lima orang komisaris.

Penetapan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BPUI nomor SK-387/MBU/10/2020 tentang Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan BPUI. Penetapan itu berlangsung pada Selasa (20/10/2020).

Dalam salinan dokumen yang diperoleh Bisnis, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa pengangkatan Hotbonar dan Arief merupakan langkah untuk memenuhi ketentuan minimal 20% Komisaris Independen dalam susunan keanggotaan Dewan Komisaris BPUI.

"Keputusan Menteri BUMN selaku RUPS BPUI mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan BPUI: Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman sebagai Komisaris Independen," tulis Erick dalam salinan dokumen yang diperoleh Bisnis.

Erick menjelaskan bahwa Hotbonar dan Arief baru dapat melaksanakan tugasnya sebagai Komisaris Independen setelah mendapatkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, keduanya pun dilarang untuk merangkap jabatan komisaris di perusahaan lain.

"RUPS meminta Direksi untuk mengajukan permohonan tertulis kepada OJK untuk pelaksanaan penilaian kemampuan dan kepatutan [fit and proper test] atas calon anggota-anggota Dewan Komisaris," tulis Erick.

Hotbonar menyampaikan bahwa dirinya ditetapkan sebagai Komisaris Independen BPUI pada pagi hari ini, Selasa (20/10/2020). Dirinya bersama Arief telah melengkapi susunan komisaris di tubuh BPUI yang memimpin IFG.

"Penetapannya pas hari ini, setahun pemerintahan era kedua Pak Jokowi," ujar Hotbonar kepada Bisnis, Selasa (20/10/2020) malam. 

Hotbonar merupakan Mantan Direktur Utama PT Jamsostek, penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan sebelum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terbentuk. Dia pun pernah menjabat sebagai Direktur Utama dan Komisaris di sejumlah perusahaan asuransi.

Adapun, Arief Budiman merupakan Mantan Direktur Utama PT Danareksa (Persero) dan Mantan Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero). Dia tercatat pernah menjadi Komisaris PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi BUMN erick thohir IFG life
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top