Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gajian Masih Versi Pandemi? Simak Tips Kelola Keuangan Ini

Satu dampak Pandemi Covid-19 adalah berkurangnya pendapatan atau gaji. Namun ada beberapa langkah yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengelola uang di tengah krisis.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  17:57 WIB
Tips Keuangan.  - Bisnis.com
Tips Keuangan. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah merusak keamanan finansial banyak orang. Namun ada beberapa langkah yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengelola uang di tengah krisis.

Berdasarkan laporan survei JobStreet, Covid-19 telah sangat memengaruhi kehidupan 86% karyawan di Indonesia. Dampak terbesar yang dirasakan oleh 56% pekerja, terutama mereka yang bekerja di perusahaan kecil dan di sektor pendidikan, adalah pada pengurangan remunerasi gaji atau pendapatan.

Sebanyak 34% karyawan mendapatkan lebih sedikit atau sama sekali tidak mendapatkan bonus, 31% mengalami pengurangan gaji, dan 29% belum menerima kenaikan gaji mereka. Dari pekerja yang terkena pemotongan gaji, 43% di antaranya terkena pemotongan hingga 30% dari besaran gaji sebelum pandemi.

Mengutip JobStreet, berikut beberapa tips praktis tentang cara menghindari kesulitan keuangan setelah pemotongan gaji:

Periksa Status Keuangan dan Perilaku Pengeluaran Kamu

Hitung berapa banyak tabungan serta penghasilan Anda saat ini dan bandingkan dengan pengeluaran yang penting, seperti biaya kebutuhan dasar, listrik, air, tagihan, dan pinjaman. Kemudian buat perencanaan anggaran yang sesuai dan patuhi. Hal ini akan membuat Anda belajar mengeliminasi pengeluaran yang tidak penting dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. 

Pertimbangkan menggunakan aplikasi budgeting

Buat sebuah spreadsheet untuk memantau keuangan, atau lebih baik lagi, unduh aplikasi yang dapat melakukannya secara otomatis. Aplikasi pelacakan anggaran (budget tracking app) berfungsi seperti pengelola keuangan pribadi, sehingga Anda dapat mengatur keuangan dengan cepat, mudah, dan bebas dari stres. 

Buat simpanan dana darurat

Bukan sebuah hal yang mustahil untuk membuat simpanan dana darurat di tengah pandemi. Setelah melakukan kalkulasi ulang keuangan Anda saat ini, cari cara untuk menyisihkan uang yang diperoleh dari anggaran pengeluaran sebelum Covid-19, seperti belanja baju musiman, makan di luar, liburan, dan transportasi bila Anda bekerja dari rumah. 

Cari skema pembayaran alternatif bila punya cicilan

Segera hubungi kreditur Anda dan cari tahu apakah ada skema penangguhan pembayaran, perpanjangan masa pinjaman, atau penurunan suku bunga. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik, kemungkinan besar mereka bersedia untuk mencarikan opsi pembayaran yang disesuaikan dengan kondisi.

Cari tahu alternatif bantuan keuangan

Pemerintah memiliki sejumlah program dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, seperti subsidi gaji. Coba cari tahu dan pelajari bantuan pemerintah yang sesuai dengan kriteria Anda.

Cari pekerjaan sampingan

Coba cari pekerjaan yang hanya membutuhkan keahlian, waktu, dan koneksi internet yang stabil. Apabila Anda seorang instruktur kebugaran, buatlah sebuah kelas online. Jika Anda seorang guru, tawarkan layanan bimbingan online di luar jam kerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 subsidi gaji
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top