Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Tidak Boncos Selama Liburan Natal

Ada banyak cara untuk menghemat uang saat libur Natal dan Tahun Baru. Simak beberapa di antaranya.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  16:45 WIB
Ilustrasi bonus akhir tahun.
Ilustrasi bonus akhir tahun.

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti libur panjang lainnya, libur akhir tahun juga seperti pedang bermata dua. Satu sisi baik untuk menjadi periode kembali berkumpul bersama keluarga, tetapi di sisi lain terkadang menjadi buruk untuk saldo rekening di bank. 

Apalagi tren belanja online kini menjadi satu pilihan utama bagi masyarakat. Hal ini membuat kita sering kali kebablasan menghabiskan uang membeli banyak hal. 

Seperti dikutip Bisnis pada Rabu (23/12/2020), riset SurveySensum menunjukkan, belakangan sekitar 81 persen konsumen lebih suka berbelanja daring atau online untuk menghindari keramaian.

Kemudian 58 persen di antaranya beralasan memilih belanja online karena takut akan Covid-19. Alasan lainnya adalah faktor keamanan, kenyamanan, harga yang lebih murah, dan tawaran biaya pengiriman yang digratisakan.

Mengutip dari laman Bankrate pada Kamis (24/12/2020), berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatur uang Anda selama libur Natal dan Tahun Baru.

1. Atur Anggaran Liburan

Jika Anda ingin membatasi pengeluaran Anda pada musim liburan ini, langkah pertama adalah membuat anggaran dan memutuskan bahwa Anda akan mematuhinya.

Beberapa konsumen bahkan telah mulai menabung lebih awal untuk musim liburan atau dengan membuka sertifikat deposito jangka pendek.

Lalu selanjutnya, atur anggaran mengenai seberapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk hadiah, dekorasi, makanan, perjalanan, dan semua pengeluaran terkait liburan lainnya. Jangan lupakan hal-hal kecil, seperti kartu dan prangko Natal.

2. Tambahkan Nama Anda ke Daftar Hadiah

Ini mungkin terdengar egois, tetapi efektif secara psikologis, masukkan nama Anda ke dalam daftar hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap diri Anda sendiri. Memasukkannya ke dalam daftar, sehingga Anda akan masuk ke dalam anggaran itu.

3. Adakan Pertukaran Kado

Ini salah satu cara mudah dan menyenangkan untuk mensiasati penghematan anggaran belanja Anda. Ajaklah keluarga besar untuk melakukan hal ini sehingga Anda tidak perlu untuk menyiapkan anggaran dana yang besar untuk kado Natal.

Biasanya ada batas anggaran kado yang hendak ditukar bagi setiap orang. Kegiatan tukar kado membawa elemen kejutan dan sekaligus keceriaan keluarga. 

4. Hati-hati Dengan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat keuangan yang berguna, tetapi bisa berbahaya saat Natal. Beberapa pelanggan kartu kredit berakhir dengan mabuk hutang liburan yang berlangsung lama.

Gunakan selalu kartu yang menawarkan suku bunga paling rendah. Ada baiknya juga untuk melacak pengeluaran kartu kredit Anda.

5. Berikan Waktu Anda Sebagai Hadiah

Jika Anda ingin memberi seseorang hadiah tetapi tidak dalam kondisi yang pas untuk membelikan sesuatu, pertimbangkan untuk memberikan waktu Anda sebagai hadiah.

Selain itu membawa hadiah buatan tangan juga bisa menjadi alternatif . Jika Anda biasa membuat kue untuk keluarga Anda, membuat kue ekstra untuk orang-orang di daftar Anda juga bisa menghemat biaya.

6. Hadiah Tepat Untuk Orang Yang Tepat

Akan sulit membeli hadiah untuk orang-orang yang telah mencapai titik finansial, di mana dia bisa membeli apapun yang mereka inginkan. Ini kesempatan Anda untuk memberikan hadiah yang kreatif.

berikan sentuhan personal pada hadiah Anda. Hal ini bisa berupa foto kolase dari berbagai kenangan, surat, tiket untuk acara atau pertunjukan, bantal dekoratif atau sesuatu yang antik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top