Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apresiasi Arsip BI, Tjahjo Kumolo: Patut Jadi Rujukan Kementerian dan Pemda

Apa yang dilakukan BI patut ditiru kementerian dan instansi lainnya, karena itu praktik baik dari kearsipan juga harus ditularkan ke bank-bank nasional maupun bank swasta lainnya.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo./Antara
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengapresiasi Bank Indonesia dalam pengelolaan arsipnya yang mendapatkan sertifikat akreditasi A dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dia mengatakan capaian tersebut menempatkan Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu lembaga yang sangat baik dalam pengelolaan arsip di Indonesia.

“Hari ini kita saksikan bagaimana BI dengan sungguh-sungguh mengelola arsipnya dengan sangat baik, kami berharap hal ini dapat jadi rujukan kementerian, lembaga, instasi, maupun pemerintah daerah,” katanya, Senin (28/12/2020).

Tjahjo menyampaikan, BI merupakan lembaga yang berbadan hukum yang bergerak di bidang keuangan dengan frekuensi kegiatan yang tinggi dan menuntut akuntabilitas tinggi. Karena itu, BI tidak dapat terlepas dari kegiatan pengarsipan dalam menjamin tersedianya data yang autentik dan terpercaya.

Pelaksanaan kearsipan yang dilakukan BI ini pun merupakan bagian dari pengelolaan arsip yang didasarkan pada sistem yang mampu menampung, merespon kebutuhan masyarakat dan organisasi.

“Karena itu kami mengapresisi dan bangga pengelolaan arsip sebagai pusat ingatan dan sumber informasi yang memiliki kemampuan menjaring atau menangkap semua arsip kegiatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pengelolaan arsip seharusnya dilakukan secara konsisten, sehingga khususnya BI dalam membangun kinerja dapat diabadikan, diwariskan, dan dapat dijadikan landasan yang kuat untuk mewujudkan visi, yaitu menjadi bank sentral digital yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian.

“Apa yang dilakukan BI patut ditiru kementerian dan instansi lainnya, karena itu praktik baik dari kearsipan juga harus ditularkan ke bank-bank nasional maupun bank swasta lainnya. Saya juga mengimbau jajaran instansi pemerintah untuk tidak ragu belajar ke BI dalam mengelola kearsipan yang sudah baik ini,” tuturnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kinerja BI yang berupaya terus mendorong perekonomian daerah dan nasional di tengah pandemi Covid-19. “Berbagai langkah saya optimistis BI sangat terlibat dalam mewujudkan peningktan kesejahteraan rakyat dan bangsa ke depan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper