Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Tahapan Penting Merger Bank Syariah Indonesia, Nasabah Harus Tahu!

Berikut empat tahapan penting Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam mencapai integrasi keseluruhan yang harus diperhatikan oleh nasabah.
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021).  Bisnis/Arief Hermawan P
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (1/2/2021) di Istana Negara. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan nama baru dari gabungan atau merger tiga bank syariah BUMN.

Ketiga bank tersebut diantaranya PT Bank BRIsyariah Tbk., PT. Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah. Setelah resmi merger dengan nama baru, BSI masih harus melalui beberapa tahapan hingga kemudian terintegrasi secara keseluruhan.

Peresmian BSI dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dia mengaku mengaku gembira karena kinerja perbankan syariah mencatatkan perkembangan yang stabil di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. resmi diluncurkan berdirinya," ujar Jokowi dalam acara peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk. di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Melalui ketiga situs resmi bank syariah BUMN yang dikutip pada Senin (1/2/2021), penggabungan ini dipercaya dapat menjadi pilar kekuatan baru ekonomi nasional dan menjadi salah satu pusat kuuangan syariah global.

BSI pun memiliki visi "Menjadi Salah Satu dari 10 Bank Syariah Terbesar Berdasarkan Kapitalisasi Pasar Secara Global Dalam Waktu 5 Tahun Ke Depan". Berdasarkan hal ini, BSI mengestimasikan dalam waktu 9 bulan untuk terintegrasi secara keseluruhan.

Berikut beberapa tahapan penting BSI dalam mencapai integrasi keseluruhan yang bisa diperhatikan oleh nasabah:

1 Februari 2021
- Bank Syariah Indonesia secara hukum resmi tercatat dan mulai beroperasi.
- Proses roll out integrasi operasional dan layanan dimulai.
- Tiga kantor cabang pilot terintegrasi dan siap melayani nasabah dari ketiga bank peserta penggabungan untuk layanan dasar atau basic servicing.

15 Februari 2021
BSI Menambah 15 cabang terintegrasi untuk basic servicing bagi seluruh nasabah. Daftar dan lokasi cabang akan diinformasikan lebih lanjut.

15 Februari - 20 Oktober 2021
Waktu 8 bulan ini merupakan periode integrasi secara bertahap. Di mana nasabah akan dihubungi dalam rentang waktu ini untuk melakukan migrasi ke Bank Syariah Indonesia sesuai dengan integrasi secara bertahap pada operasional cabang, layanan, dan produk.

1 November 2021
Bank Syariah Indonesia telah terintegrasi secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper