Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-siap! Bank BUMN Bakal Gelar RUPS. Simak Jadwal Lengkapnya

Beberapa aspek yang akan menjadi pokok pembahasan dalam RUPS tahunan Bank BUMN antara lain mencakup penetapan penggunaan laba, pembagian dividen, hingga pergantian pengurus baru.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  14:19 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Keempat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan segera menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Maret 2021.

Beberapa aspek yang akan menjadi pokok pembahasan dalam RUPS tahunan Bank BUMN antara lain mencakup penetapan penggunaan laba, pembagian dividen, hingga pergantian pengurus baru. Simak jadwal lengkap RUPS tahunan empat emiten bank Himbara berikut: 

1. Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengumumkan kepada pemegang saham terkait penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Kamis tanggal 25 Maret 2021.

Pemanggilan rapat akan dilakukan paling kurang melalui satu surat kabar harian nasional, situs web PT Bursa Efek Indonesia, situs web PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan situs web perseroan pada Rabu, 3 Maret 2021.

Pemegang saham yang berhak menghadiri dan memberikan suara dalam rapat, namanya harus tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan atau pada rekening efek di KSEI pada Selasa, 2 Maret 2021 pukul 16.15 WIB.

Pemegang saham dapat mengusulkan mata acara rapat dengan memenuhi Pasal 16 POJK. Usulan tersebut dibuat tertulis oleh pemegang saham dan diterima secara patut oleh Direksi Perseroan paling lambat 7 hari sebelum pemangilan rapat, yaitu Rabu tanggal 24 Februari 2021.

2. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mengumumkan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Senin tanggal 15 Maret 2021.

Pemanggilan rapat yang memuat mata acara rapat akan diumumkan melalui surat kabar, situs web PT Bursa Efek Indonesia, situs web PT Kustodian Sentral Efek Indonesia pada 19 Februari 2021.

Pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dalam rapat adalah pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham dan atau pemilik saham perseroan dalam catatan saldo rekening efek di penitipan kolektif KSEI pada penutupan perdagangan saham pada 18 Februari 2021 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Pemegang saham perseroan baik sendiri-sendiri atau bersama-sama yang mewakili 1/20 atau lebih dari jumlah seluruh saham perseroan berhak memberikan usulan terkait mata acara rapat termasuk melakukan penambahan mata acara dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengajukan secara tertulis kepada direksi perseroan selaku penyelenggara RUPS selambat-lambatnya 7 hari sebelum tanggal pemanggilan rapat atau pada 12 Februari 2021.

3. Bank BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mengumumkan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Kamis tanggal 18 Maret 2021 pukul 14.00 WIB.

Pemanggilan rapat berserta mata acaranya akan diumumkan pada Rabu tanggal 24 Februari 2021.

Adapun yang berhak menghadiri atau mewakili dan memberikan suara dalam rapat tersebut adalah pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan atau pemegang saham dalam rekening efek di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 23 Februari 2021 sampai dengan pukul 16.15 WIB.

Usulan mata acara rapat diterima oleh direksi melalui surat tercatat disertai alasan dan bahan atas usulan yang disampaikan paling lambat pada 17 Februari 2021 pukul 16.00 WIB.

4. Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.  akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Rabu tanggal 10 Maret 2021 pukul 10.00 WIB di Gedung Menara Bank BTN, Jakarta Pusat.

Ada sembilan mata acara rapat yang dibahas dalam rapat tersebut. Di antaranya, penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2020, persetujuan atas perubahan susunan pengurus perseroan.

Selanjutnya, persetujuan dan pengesahan laporan tahunan dan laporan keuangan tahun buku 2020, penetapan remunerasi/penghasilan (gaji/honorarium, fasilitas, dan tunjangan) tahun buku 2021, serta tantiem untuk tahun buku 2020 bagi direksi dan dewan komisaris perseroan.

Berikutnya, penunjukkan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan dan laporan keuangan pelaksanaan program kemitraan dan program bina lingkungan tahun buku 2021.

Kemudian, pengukuhan pemberlakuan peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara tentang kontrak manajemen dan kontrak manajemen tahunan direksi BUMN. Persetujuan atas perubahan anggaran dasar perseroan, pelaporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi berkelanjutan tahap I tahun 2020, serta perubahan susunan dan penetapan remunerasi dewan pengawas syariah perseroan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan dividen bank bumn
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top