Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Dorong Perbankan Genjot Penyaluran Kredit

Jokowi juga mengapresiasi perbankan yang telah menyediakan cadangan likuiditas untuk mengantisipasi peningkatan kredit bermasalah atau non performing loan.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  19:51 WIB
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Bisnis.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh perbankan nasional, baik BUMN maupun swasta, untuk terus memberikan kredit dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Namun, dia menekankan agar penyaluran kredit tetap dilakukan secara berhati-hati agar tidak berakibat menjadi kredit bermasalah di kemudian hari.

"Dalam rangka mendorong pergerakan perekonomian di sektor swasta kredit perbankan harus tetap dikucurkan dengan penuh kehati-hatian dan tetap menjaga kesehatan bank," ujar Jokowi, Kamis (25/2/2021).

Dia juga mengaku senang ketika menerima laporan mengenai rasio kewajiban penyediaan modal minimum perbankan yang masih cukup kuat yakni di angka  23,78 persen.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi perbankan yang telah menyediakan cadangan likuiditas untuk mengantisipasi peningkatan kredit bermasalah atau non performing loan (NPL).

Lebih lanjut, Jokowi juga menyoroti posisi kondisi cadangan devisa (cadev) di Bank Indonesia (BI) di mana saat ini nilainya masih tercatat sebesar US$135 miliar.

"Lebih dari cukup untuk membiayai kebutuhan cicilan ULN dan impor satu tahun. Rupiah pun cukup stabil, pasar modal masih atraktif dengan total kapitalisasi pasar 6.970 triliun dan jumlah investor lokal tumbuh pesat hingga 4 juta investor ritel," ungkap Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi perbankan kredit
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top