Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggota Dewan Dukung Pemprov Banten Suntik Modal ke BJB

DPRD berharap agar pemprov Banten bisa menambah investasi modal di BJB. Pasalnya, BJB dalam kondisi sehat.
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Banten mendukung penambahan modal Pemerintah Provinsi Banten di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJB).

Hal itu dikarenakan Bank BJB mampu membukukan kinerja yang sangat sehat dan terus memberikan dividen ke Provinsi Banten.

Berdasarkan informasi, BJB akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 6 April 2021. Untuk itu, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat Bank BJB di Bandung pada 7 - 9 Maret 2021 yang diterima langsung oleh Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi. 

Kunjungan kerja Komisi III DPRD Banten itu untuk melakukan koordinasi mengenai Penerimaan Dividen Tahun Buku 2020 untuk Provinsi Banten.

Anggota Komisi III dari Fraksi PPP DPRPD Banten Neng Siti Julaeha, S.Pd.I, M.Pd. yang akrab disapa NJ ini menjelaskan bahwa BJB akan mengggelar RUPS pada 6 April 2021.  NJ berharap agar pemprov bisa menambah investasi modal di BJB

"Saya berharap agar Pemprov Banten dapat menambah modal investasinya di BJB mengingat Bank BJB dalam kondisi yang sangat baik," ujarnya, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, berdasarkan data BJB per Desember 2020 (unaudited), total aset perbankan per Desember 2020 sebesar Rp134 triliun naik 14,22 persen dibandingkan dengan Desember 2019 sebesar Rp117 triliun. Adapun, dana pihak ketiga (DPK) per Desember 2020 sebesar Rp100 triliun naik 19,5 persen dibandingkan dengan Desember 2019. 

BJB juga mampu menekan kredit bermasalah (non-performing loan/NPL), yaitu hanya 1,4 persen per Desember 2020 turun 0,18 persen dibandingkan dengan Desember 2019.

NJ menuturkan bahwa BJB terus memberikan dividen, termasuk ke Pemprov Banten sebagai salah satu pemegang saham. Pemerintah Provinsi Banten memiliki 5,29 persen saham di BJB dengan total setoran modal Rp130,147 miliar.

Pemprov Banten menerima dividen pada tahun buku 2019 sebesar Rp48,945 miliar. Sementara itu, total dividen yang diterima Pemprov Banten dari BJB selama 2002 - 2019 sebesar Rp548,145 miliar.

Selama berdiri, menurutt NJ, BJB sudah memberikan dividen sekitar 4 kali lebih besar dari modal disetor. 

“Untuk itu, sangat layak Pemprov Banten menambahkan modal di Bank BJB. Saya juga berharap agar kerja sama Bank BJB dan Bank Banten terus berjalan dengan harmonis," tutur NJ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper