Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUPS BCA Pagi Ini, Pembagian Dividen Hingga Pengangkatan Direktur Baru

Dua agenda yang dibahas di antaranya, penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  08:55 WIB
Gedung Bank BCA - Ilustrasi/Bisnis
Gedung Bank BCA - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. pagi ini, Senin (29/3/2021) pukul 09.00 WIB, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Jakarta. Rapat tersebut membahas 7 mata acara.

Dua agenda yang dibahas di antaranya, penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

"Penggunaan laba bersih perseroan akan diusulkan untuk disisihkan sebagai dana cadangan, pembagian dividen tunai, dan sisa laba bersih yang tidak ditentukan penggunaannya akan dicatat sebagai laba ditahan," tulis penjelasan direksi dalam pengumuman RUPS.

Sepanjang 2020, BBCA membukukan laba bersih senilai Rp27,13 triliun, turun 5,14% secara year on year. Berdasarkan catatan Bisnis, dividen payout ratio BBCA terus meningkat selama periode tahun buku 2016-2019.

Dividen payout ratio untuk tahun buku 2019 sebesar 47,9%, lebih tinggi dari tahun buku 2018 sebesar 32,4% dan tahun buku 2017 sebesar 27%. Berikutnya, dividen payout ratio untuk tahun buku 2016 sebesar 23,9%.

Agenda berikutnya yakni penegasan berakhirnya masa jabatan, serta pengangkatan anggota dewan komisaris dan direksi perseroan.

"Masa jabatan anggota dewan komisaris dan direksi perseroan yang saat ini menjabat akan berakhir pada saat ditutupnya rapat umum pemegang saham tahunan perseroan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021. Sehubungan dengan hal tersebut akan diusulkan kepada rapat agar rapat memutuskan penegasan berakhirnya masa jabatan serta pengangkatan anggota dewan komisaris dan direksi perseroan," tulis direksi dalam penjelasan.

Pada 1 Maret 2021, perseroan menyampaikan keterbukaan informasi perihal profil calon direksi melalui website perseroan. Di antara profil calon anggota direksi perseroan yang akan diusulkan dalam RUPS tahunan 2021, ada dua nama baru yang menjadi kandidat Direktur BCA. 

Keduanya yakni, John Kosasih dan Frengky Chandra Kusuma menjadi kandidat Direktur BCA yang diajukan pada RUPS Tahunan 2021.

John Kosasih saat ini masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Bank BCA Syariah sejak Oktober 2016. Adapun Frengky Chandra Kusuma sejak 2018 hingga saat ini menjabat Kepala Kantor Wilayah III Surabaya BCA dan masih menjadi Member of Steering Committee Badan Musyawarah Perbankan Daerah Jawa Timur.

Berikut calon anggota direksi BCA yang akan diusulkan pada RUPST 2021:

Calon Presiden Direktur: Jahja Setiaatmadja
Calon Wakil Presiden Direktur: Suwignyo Budiman
Calon Wakil Presiden Direktur: Armand Wahyudi Hartono
Calon Direktur: Subur Tan
Calon Direktur: Rudy Susanto
Calon Direktur: Lianawaty Suwono
Calon Direktur: Santoso
Calon Direktur: Vera Eve Lim
Calon Direktur: Gregory Hendra Lembong
Calon Direktur: Haryanto Tiara Budiman
Calon Direktur: John Kosasih
Calon Direktur: Frengky Chandra Kusuma 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca perbankan dividen emiten bank
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top