Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Fintech, BCA Salurkan KUR Rp32 Miliar

Total penyaluran KUR BCA melalui fintech mencapai Rp32 miliar pada tahun 2020 dan akan terus meningkat di tahun ini.
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis
Gedung Bank BCA/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) membukukan pertumbuhan kredit yang positif ke financial technology (fintech), khususnya untuk jenis kredit usaha rakyat (KUR).

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn mengatakan saat ini BCA mencermati fintech di Indonesia bertumbuh seiring dengan era digitalisasi yang belakangan juga mendominasi.

Industri perbankan tentunya tidak menutup mata dengan kehadiran fintech yang turut membantu dalam mendorong perekonomian yang inklusif, khususnya bagi perkembangan UMKM di Indonesia.

“Tren penyaluran kredit BCA ke fintech menunjukkan tren yang cukup positif seiring dengan komitmen kami untuk saling berkolaborasi” ujar Hera saat dihubungi Bisnis, Minggu (11/4/2021).

Dia mempaparkan BCA, telah memanfaatkan kerja sama channeling fintech untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani, peternak, toko dan optik di seluruh pelosok Indonesia.

"Total penyaluran KUR melalui fintech mencapai Rp32 miliar pada tahun 2020 dan akan terus meningkat di tahun ini."

Selain itu, BCA juga bekerja sama dengan beberapa fintech untuk penyaluran kredit UMKM dengan skema invoice financing. dengan menggunakan invoice pelaanggan yang belum terbayar sebagai jaminan. Skema ini dinilai merupakan solusi pendanaan yang tepat bagi UMKM. 

“Ke depan, kami akan terus berupaya mengembangkan kerja sama strategis perbankan dan fintech dalam rangka peningkatan nilai tambah bagi kesinambungan dan keberlanjutan ekonomi nasional” tutup Hera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper