Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dalam Setahun, Ratusan Investasi Bodong dan Ribuan Pinjol Ditutup SWI OJK

Walaupun sudah sering ditutup ataupun diblokir, investasi dan fintech abal–abal tetap tumbuh tiap harinya.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 13 April 2021  |  16:04 WIB
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setahun ini menutup ratusan investasi dan ribuan fintech abal-abal.

Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara mengatakan dari Februari 2020 hingga Februari 2021 SWI telah menutup 390 investasi abal-abal dan 1.200 finansial teknologi (fintech) lending atau biasa disebut pinjaman online (pinjol)

“Artinya dalam satu hari ada lebih dari 1 kegiatan investasi yang ditutup dan 3 sampai 4 fintech ilegal yang ditutup,” ujar Tirta dalam webinar Melindungi Masyarakat dari Jeratan Fintech & Investasi Ilegal pada Selasa (13/4/2021).

Tirta pun heran walaupun sudah sering ditutup ataupun diblokir, investasi dan fintech abal–abal tetap tumbuh tiap harinya.

Dia pun menilai pertumbuhan teknologi menjadi sebab utama investasi dan fintech bodong menjamur di masyarakat

“SWI sudah banyak menutup ribuan investasi ilegal tapi beribu-ribu pula investasi ilegal yang muncul silih berganti," jelasnya

Maka dari itu, Tirta mengingatkan kembali ke masyarakat, investasi dan fintech abal–abal bisa diantisipasi dengan memeriksa legalitas perusahaan investasi dan fintech sebelum melakukan transaksi.

“Maka dari itu selalu liat legalitasnya. OJK pun sudah ada layanan untuk bertanya apakah fintech ataupun investasi sudah terdaftar atau belum. Konsumen bisa cek ke kontak OJK di 157 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor 081-157157157,” ujar Tirta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi OJK investasi bodong fintech
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top