Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Margin Keuntungan Bank Swasta dan Bank Daerah Masih Naik

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perbankan secara umum telah menurunkan margin keuntungan sebesar 21 basis poin pada awal 2021. Bahkan, bank pelat merah dan bank asing telah melakukan penurunan margin keuntungan sebesar 84 basis poin dan 34 basis poin.
Ilustrasi Bank/Istimewa
Ilustrasi Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia mengumumkan bank swasta dan bank daerah masih mendongkrak keuntungan di tengah masa pemulihan ekonomi tahun ini.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perbankan secara umum telah menurunkan margin keuntungan sebesar 21 basis poin pada awal tahun ini. Bahkan, bank pelat merah dan bank asing telah melakukan penurunan margin keuntungan sebesar 84 basis poin dan 34 basis poin.

Namun, bank umum swasta nasional dan bank daerah justru masih mendapat kenaikan margin keuntungan yang masing-masing sebesar 48% dan 2% secara tahunan.

"Jadi margin keuntungan bank swasta dan bank daerah masih mengalami kenaikan," sebutnya usai RDG BI, Selasa (20/4/2021).

Adapun, Perry memaparkan penurunan suku bunga kredit mencapai 171 basis poin per Februari 2021. Penurunan terdalam terjadi pada bank milik pemeirntah dengan capaian 266 basis poin mnejadi 8,7%.

Berdasarkan segmennya, penurunan terdalam pun terjadi pada kredit mikro yang mencapai 346 basis poin. Hanya, posisi suku bunga kredit segmen ini masih paling tinggi.

"Sedangkan lainnya, bunga kredit KPR turun 194 bps menjadi 8,19%, konsumsi non-KPR 193 bps menjadi 8,25%, korporasi 139 basis poin menjadi 8,26%, dan ritel 136 bps menjadi 8,84%," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper