Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Kerja Pasca Pandemi: HSBC Bakal Kurangi Ruang Kantor dan Perjalanan Bisnis

HSBC pun telah berkomitmen untuk mengurangi 40 persen ruang kantor dalam jangka panjang dan berharap bisa mencapai setengah dari tujuannya tersebut pada tahun ini.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 28 April 2021  |  12:56 WIB
 Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay
Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - HSBC Holdings Plc berupaya memangkas luas kantornya sebesar 20 persen tahun ini dan menganggarkan setengah dari biaya perjalanan bisnis sebelumnya karena adanya perubahan dalam penerapan cara kerja menjadi fleksibel dalam praktik yang telah berlangsung lama.

HSBC pun telah berkomitmen untuk mengurangi 40 persen ruang kantor dalam jangka panjang dan berharap bisa mencapai setengah dari tujuannya tersebut pada tahun ini.

Dilansir dari Bloomberg, Chief Financial Officer HSBC Ewen Stevenson mengatakan sangat tidak sabar untuk pindah lokasi pekerjaan.

“Kami sangat ingin beralih lingkungan kerja ke hybrid,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television, Selasa (27/4/2021).

Langkah HSBC menyoroti seberapa cepat pandemi Covid -19 telah mengubah pasar perkantoran karena bisnis memperdebatkan jenis dan luas ruang yang diperlukan untuk tenaga kerja jarak jauh mereka yang baru.

Lowongan di pusat-pusat keuangan seperti London melonjak dan bahkan Chief Executive Officer Noel Quinn dan tim seniornya di HSBC siap membantu untuk membantu mengurangi luas ruangan kantor pusat Canary Wharf.

Dilansir dari Bloomberg Ketua komite kebijakan dan sumber daya di City dari London Corporation Catherine McGuinness mengatakan HSBC berkomitmen untuk mempertahankan lokasi sekarang, yaitu berada di tengah-tengah Kota London.

“Perusahaan telah memberitahu kami bahwa mereka tetap berkomitmen untuk mempertahankan kantor pada pusat London tetapi cara mereka beroperasi pasti akan berubah untuk mencerminkan tren pasca-pandemi, seperti kerja hibrida dan fleksibel,” ujar Catherine.

Selain mengurangi perjalanan ke kantor, Stevenson mengharapkan para bankir mengurangi perjalanan bisnis mereka, menggantinya dengan konferensi video. “Kami akan lebih jarang bepergian,” kata Stevenson.

“Kami pada dasarnya telah menghemat sekitar setengah biaya perjalanan ke depan dengan menggunakan lebih banyak teknologi video dan membuat orang melakukan perjalanan yang lebih sedikit dan lebih lama ketika mereka melakukan perjalanan.”

Adapun, Noel mengatakan HSBC tetap akan berkomitmen kepada Inggris dalam memberikan pinjaman.

"Dengan HSBC menerapkan pergeseran strategis ke Asia, perubahan ke real estate lebih mungkin terjadi di London daripada Hong Kong," kata Quinn melalui telepon dengan wartawan.

Noel pun mengatakan London tetap menjadi tempat yang baik untuk kantor pusat perusahaan dan perusahaan tidak berencana untuk meninjau domisili mereka.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkantoran perbankan hsbc ruang kantor

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top