Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sea Group Bantah Dekati Bank Aladin Syariah (BANK)

Pernyataan Bank Aladin sedang dalam tahap penjajakan dengan Shopee tercantum dalam keterbukaan informasi yang disampaikan kepada BEI pada Rabu (28/4/2021).
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 29 April 2021  |  17:41 WIB
Logo Sea Group - Istimewa
Logo Sea Group - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sea Group membantah disebut sedang melakukan diskusi dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk., baik pihaknya maupun anak usaha Shopee, mengenai rencana menjadi mitra strategis.

Pihak Bank Aladin (BANK) sebelumnya menyatakan bahwa sedang dalam tahap penjajakan dengan anak usaha Sea Group, yaitu Shopee.

"Baik Shopee maupun Sea tidak sedang mengadakan atau melakukan diskusi apa pun terkait kerja sama strategis dengan Bank Aladin," demikian jawaban dari Sea Group saat dikonfirmasi, Kamis (29/4/2021).

Adapun, pernyataan Bank Aladin sedang dalam tahap penjajakan dengan Shopee tercantum dalam keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (28/4/2021) untuk menjawab permintaan penjelasan otoritas bursa.

BEI meminta penjelasan kepada manajemen bank yang sebelumnya bernama PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk. ini terkait berita yang menyatakan Sea mengincar Bank Aladin. Sea dikabarkan membidik BANK untuk dijadikan mitra online anak usahanya, yaitu Shopee.

"Saat ini perseroan dalam tahap penjajakan dengan beberapa calon mitra strategis, salah satunya dengan Shopee," demikian pernyataan yang dikutip Bisnis pada Kamis (29/4/2021).

Namun, manajemen Bank Aladin juga menyampaikan bahwa hingga kini belum ada transaksi dengan mitra strategis, termasuk Shopee.

Disebutkan pula bahwa ruang lingkup kerja sama Bank Aladin dengan mitra strategisnya nanti dapat meliputi penyediaan layanan dan produk perbankan konvensional dan digital bagi calon mitra untuk menunjang bisnis calon mitra strategis. Namun, kerja sama tidak hanya terbatas pada aspek-aspek tersebut saja.

"Kerja sama ini dapat meningkatkan bisnis perseroan [Bank Aladin] karena adanya ekosistem calon mitra strategis yang dapat digarap sehingga dapat meningkatkan portofolio kredit dan/atau dana pihak ketiga [DPK] perseroan," kata manajemen.

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi yang lain, BANK menyampaikan informasi rencana melakukan penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Perseroan berencana menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar.

Perseroan akan mengadakan rapat umum pemegang saham luar biasa pada 26 Mei 2021 untuk memperoleh persetujuan aksi korporasi tersebut. Ketentuan lain sehubungan dengan penambahan modal dengan HMETD, termasuk dengan harga pelaksanaan final dan jumlah akan diterbitkan dalam prospektus.

Sea Ltd. sebelumnya telah mengakuisisi Bank Kesejahteraan Ekonomi dan mengubah namanya menjadi Sea Bank pada awal 2021. Melalui aksi akuisisi ini Sea Bank bakal melayani para konsumen di aplikasi Shopee.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee Bank Digital bank net syariah bank aladin syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top