Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Kredit Diprediksi Positif di April 2021

Penyaluran kredit akan tumbuh pada kisaran 6 hingga 7 persen, seiring dengan pemulihan ekonomi pada tahun ini.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 30 April 2021  |  18:19 WIB
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro), di Jakarta, Jumat (9/11/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro), di Jakarta, Jumat (9/11/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Umar Juoro memperkirakan laju penyaluran kredit perbankan akan mulai mengalami pertumbuhan positif pada April 2021.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pertumbuhan kredit perbankan pada Maret 2021 masih mengalami kontraksi sebesar -3,7 persen secara tahunan.

“Pada Maret 2021 kredit masih -3,7 persen, pada Mei 2021 kemungkinan bisa jadi positif atau di April,” katanya dalam video conference, Jumat (30/4/2021).

Sementara itu, dia memperkirakan penyaluran kredit akan tumbuh pada kisaran 6 hingga 7 persen, seiring dengan pemulihan ekonomi pada tahun ini.

Menurutnya, yang perlu diwaspadai ke depan adalah penyelesaian restrukturisasi kredit menjelang berakhirnya masa relaksasi yang diberlakukan oleh OJK pada Maret 2022 mendatang.

Di samping itu, risiko kredit yang meningkat juga menjadi tantangan bagi industri perbankan. Pasalnya kredit yang sedang direstrukturisasi saat ini dapat berpotensi menjadi kredit bermasalah (non-performing loan/NPL).

“Risiko yang masih signifikan yaitu risiko kredit, karena restrukturisasi sudah mencapai sekitar Rp970 triliun, sekitar 20 persen dari total kredit. Sekarang sudah turun menjadi sekitar Rp800 triliun, tapi masih signifikan. Meski NPL bank rendah, tapi kredit yang direstrukturisasi masih ada potensi menjadi NPL,” jelasnya.

Adapun, OJK mencatat profil risiko lembaga jasa keuangan pada Maret 2021 masih cukup terjaga yang tercermin dari rasio NPL gross sebesar 3,17 persen dan NPL net tercatat sebesar 1,02 persen pada Maret 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit OJK kredit perbankan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top