Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Mengatur Keuangan

Kebanyakan orang sadar memiliki pendapatan bulanan yang terbatas, tetapi sulit mengatur pengeluaran yang bisa saja tanpa batas.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  12:17 WIB
Mengelola keuangan.
Mengelola keuangan.

Bisnis.com, JAKARTA- Mengelola keuangan dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang harus dimiliki seseorang. Mengelola uang membutuhkan waktu untuk memahami dan memperbaiki diri.

Untuk menguasainya, dibutuhkan juga komitmen dan pemahaman yang kuat tentang situasi keuangan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda pelajari tentang cara mengelola uang dengan benar.

1. Pahami Pengeluaran

Kebanyakan orang mengetahui pendapatan bulanan penuh mereka tetapi memiliki pengetahuan yang lebih sedikit tentang pengeluaran bulanan penuh mereka. Untuk menghindari hal tersebut, Anda juga bisa membuat catatan atau jurnal untuk mencatat kemana uang anda digunakan.

2. Kendalikan Utang

Utang merupakan hal yang ditakuti oleh sebagian orang. Namun tidak sedikit yang membutuhkan bantuan finansial dari utang.

Jika Anda terlanjur memiliki hutang coba untuk mengatur kembali anggaran Anda untuk membayar hutang. Cobalah segera bayar ketika tagihan keluar. 

3. Pangkas Biaya Tidak Perlu

Mulailah memperhitungkan segala sesuatu dan setiap uang yang akan digunakan. Misalkan Anda bisa memangkas uang untuk makan di restoran mewah dengan membuat makan malam sederhana di rumah.

4. Buat Dana Darurat

Dana darurat adalah bagian penting dari rencana keuangan pribadi yang sehat. Jangan mengambil uang tersebut untuk keperluan sehari-hari atau karena keinginan konsumtif. Dana darurat diperlukan jika sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan atau terkena musibah dan hal-hal tak terduga lainnya. 

5. Menabung

Berbeda dengan data darurat, Anda juga perlu membuat target tabungan untuk masa pensiun Anda. Dengan target tersebut Anda dapat menyisihkan 10% sampai 15% dari penghasilan Anda untuk mencapai target tabungan Anda

6. Manfaatkan Aplikasi Keuangan Pribadi

Jika Anda merasa tidak punya waktu untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara manual, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pencatatan keuangan. Saat ini tidak sulit menemukan aplikasi pencatat keuangan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengeluaran tips keuangan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top