Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Tips Atur Keuangan Untuk Mitigasi Risiko Masa Depan

Dana darurat dan mitigasi risiko pun menjadi prioritas utama dalam membuat perencanaan keuangan karena risiko bisa terjadi kapan saja.
Ilustrasi asuransi/Reuters
Ilustrasi asuransi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) berkolaborasi dengan PT Solusi Finansialku Indonesia (Finansialku.com) mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan keuangan dan asuransi lewat Instagram Live (IG Live) dengan mengambil tema Money Hacks : Cara Pintar Atur Duit Zaman Now!. 

“Dalam perencanaan keuangan tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah karena kita perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Hal tersebut didasari atas tingkat penghasilan, tingkat tanggungan, tingkat tujuan keuangan, dan tingkat pemahaman keuangan orang akan berbeda. Pada dasarnya, dalam mengatur keuangan perlu menguatkan pondasinya terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan tujuan keuangannya," ujar Co-Head Advisory Finansialku.com Rista Zwestika, dikutip dari siaran pers, Selasa (21/9/2021).

Riska menambahkan bahwa mengatur keuangan merupakan seni yang memberikan kebebasan dalam mengatur uang. Dalam merencanakan keuangan perlu kecermatan dalam menentukan skala prioritas yang menjadi kebutuhan utama, selain itu perlu juga disiapkan dana darurat untuk mitigasi risiko dalam bentuk asuransi secara pribadi.

“Orang-orang yang bisa bertahan dan beradaptasi bukanlah orang-orang yang memiliki banyak uang, namun orang yang melakukan perencanaan agar saat terjadi risiko dalam kehidupan, kita tidak merepotkan dan menyusahkan orang lain," katanya.

Hal ini juga sesuai dengan piramida proteksi yang perlu disiapkan di mana pada posisi terbawah itu adalah seberapa besar pendapatan yang dihasilkan, kita tetap harus memitigasi risiko dan di level terendah adalah asuransi kesehatan. Pentingnya asuransi kesehatan ini adalah karena dalam bekerja kita memiliki banyak risiko yang juga perlu dimitigasi.

Chelma Destria, Kepala Departemen Corporate Communication IFG Life, menyimpulkan bahwa dalam mengelola keuangan, hal yang paling utama harus disiapkan adalah pondasinya.

"Dan hal penting lainnya adalah saat menerima penghasilan seberapapun itu, kuncinya adalah menyisihkan bukan menyisakan karena saat kita sudah bisa membuat perencanaan keuangan dan sudah bisa menyisihkannya untuk tujuan-tujuan keuangan kita tersebut, maka kitalah yang dapat mengatur uang bukan uang yang mengatur kita," kata Chelma.

Tidak hanya itu, dana darurat dan juga mitigasi risiko pun menjadi prioritas utama dalam membuat perencanaan keuangan karena risiko bisa terjadi kapan saja dan hanya kita yang tahu hal-hal apa saja yang ingin kita lindungi untuk masa depan kita dan keluarga," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper