Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 6 Tipe Pengguna Kartu Kredit di Indonesia

Ada beraneka macam tipe pengguna kartu kredit, mulai dari tipe setengah hati, gampang gesek dan bijak. Kamu tipe yang mana?
Ada tipe pengguna kartu kredit/ilustrasi
Ada tipe pengguna kartu kredit/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kartu kredit memiliki manfaat yang bila digunakan sesuai kebutuhan. Simak tipe pengguna kartu kredit yang  baik dan bijak.

Kartu kredit memiliki berbagai macam jenis, begitu juga penggunanya ada berbagai macam tipe. Namun, tidak semua orang bisa memanfaatkan kartu kredit dengan baik.

Ada beraneka ragam tipe pengguna kartu kredit. Simak 6 jenis pengguna kartu kredit:

  1. Tipe Gampang Gesek

Kartu kredit bisa menjadi kartu sakti untuk mewujudkan hampir semua keinginan meski saldo di rekening tabungan sangat terbatas.

Tipe pengguna kartu kredit gampang gesek ini memiliki kebiasaan yang tidak segan untuk menggunakan kartu kredit meskipun tanggal gajian masih lama. Namun ingat, perilaku konsumtif yang  tidak terkendali bisa menimbulkan utang dan kondisi finansial yang kurang baik.

  1. Tipe Spekulan

Tipe spekulan adalah orang yang mengincar promo. Mulai dari diskon nonton, makan, hingga promo cashback di berbagai e-commerce, semua dia tahu. Tak jarang tipe pengguna kartu kredit ini menjual kembali barang-barang yang sudah ia dapat dengan harga khusus untuk mencari untung yang tinggi.

  1. Tipe Kolektor

Tipe pengguna kartu kredit kolektor memiliki satu jenis kartu enggak tidak bakal cukup. Tipe Kolektor ini biasanya punya lebih dari 2 jenis kartu di dalam dompetnya.

Bila kamu sering menggunakan kartu kredit dan telat membayar, maka akan berdampak buruk pada kolektibilitas kamu di BI. Dampaknya adalah Anda akan mengalami kesusahan saat mencari pinjaman dari bank di kemudian hari.

  1. Tipe Setengah Hati

Tipe pengguna kartu kredit ini lebih sering membiarkan kartu kredit menganggur di dompet dan merasa tidak terlalu butuh menggunakan kartu ini.

  1. Tipe Bijak

Biasanya tipe pengguna kartu kredit ini akan menggunakan limit di kartu kredit sesuai dengan batas kemampuan finansial. Tipe ini hanya akan menggunakan kartu kredit saat sangat mendesak dan bukan sebagai sarana konsumtif.

Tipe ini juga akan membayar tagihan secara penuh untuk menghindari denda atau bunga. Bagi tipe ini, kartu kredit bisa menjadi solusi pencairan dana dalam waktu singkat. Tipe pengguna kartu kredit ini, bisa menggunakan limit hingga Rp9 juta untuk menghasilkan omset puluhan juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper