Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa Itu Frugal Living? Simak Penjelasan dan 8 Tips Hidup Hemat

Berikut penjelasan tentang konsep frugal living dan tips menerapkan pola hidup hemat.
Ilustrasi mengelola keuangan melalui konsep frugal living/financialexpress.com
Ilustrasi mengelola keuangan melalui konsep frugal living/financialexpress.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19, yang sudah berlangsung hampir 2 tahun, membuat kehilangan pekerjaan atau pemotongan gaji menjadi hal yang dirasakan banyak orang. Simak konsep frugal living, cara hidup hemat yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Apa itu Frugal Living?

Bagi sebagian orang, hidup hemat dikaitkan dengan mengejar diskon, berbelanja di toko barang bekas, atau memilih makan di rumah ketimbang di restoran. Namun, tahukah Anda bahwa arti hidup hemat nyatanya lebih besar dari sekadar irit.

Dilansir dari wealthsimple.com, frugal living dapat diartikan sebagai kondisi dimana Anda sadar akan pengeluaran dan fokus pada beberapa prioritas keuangan.

Jika seseorang ingin hidup hemat, maka dia harus memikirkan tujuan utama mereka serta bagaimana mengubah keuangan mereka dapat membantu mereka mencapai tujuan tersebut.

Tidak ada jalan yang jelas untuk hidup hemat. Pasalnya, berhemat merupakan gaya hidup umum yang mendorong orang untuk melepaskan apa yang sebenarnya tidak mereka perlukan. Ini dilakukan demi mendapatkan apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Anda berniat untuk menerapkan frugal living? Berikut 8 cara yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih hemat dan berkesadaran seperti dilansir dari Wealth Simple, Rabu (13/10/2021).

1. Kelola Pengeluaran

Mulailah dengan memilih metode penganggaran (budgeting). Anda bisa menggunakan seperti aplikasi money tracking, jurnal, atau spreadsheet excel.

Hal ini mungkin membutuhkan waktu jika jika Anda belum pernah membuat perencanaan keuangan sebelumnya. Mulailah dengan melacak berapa banyak uang yang Anda belanjakan dan membagi transaksi tersebut ke dalam kategori.

2. Membayar utang

Cara mudah untuk menghemat uang, yaitu dengan membayar kembali pinjaman atau Anda. Jadwalkan pembayaran utang dan jangan menundanya agar Anda mendapat tingkat bunga yang lebih rendah.

3. Kecilkan rumah

Jika Anda dapat memotong biaya rumahan, maka Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk hal-hal lain seperti dana pensiun atau memulai bisnis Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper