Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

Berikut cara mudah hitung estimasi premi asuransi kendaraan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan seperti dilansir dari Lifepal, Jumat (22/10/2021). 
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  21:05 WIB
Bengkel mobil Auto2000. Pemilik mobil juga dapat melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan sudut geometri seluruh roda sesuai ketentuan pabrikan dan menyeimbangkan keempat roda sehingga dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengganggu.  - Auto2000
Bengkel mobil Auto2000. Pemilik mobil juga dapat melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan sudut geometri seluruh roda sesuai ketentuan pabrikan dan menyeimbangkan keempat roda sehingga dapat berputar dengan baik tanpa vibrasi yang mengganggu. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Asuransi kendaraan telah menjadi salah satu faktor krusial ketika berkendara ke suatu tujuan. Asuransi tersebut menjamin proteksi dan kenyamanan ekstra dalam menghindari kejadian yang tidak diharapkan. Simak cara menghitung premi asuransi mobil.

Namun, tidak semua pengguna kendaraan di jalan raya memiliki proteksi asuransi. Hal tersebut dilatarbelakangi berbagai alasan seperti masa asuransi yang tidak diperpanjang hingga kurangnya pengetahuan akan gambaran nilai premi yang dibutuhkan. 

Berikut cara menghitung perkiraan estimasi premi asuransi kendaraan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, yang dilansir dari Lifepal, Jumat (22/10/2021). 

Penghitungan premi dapat menggunakan kalkulator milik lifepal dengan mengakses tautan https://lifepal.co.id/media/kalkulator-premi-asuransi-mobil/. 

1. Isi Kuesioner

Lada langkah pertama yang dapat Anda lakukan, yaitu mengisi kuisioner singkat untuk mendapatkan rekomendasi jenis asuransi yang cocok, seperti All Risk atau Total Loss Only

Nantinya, kuesioner tersebut berisi pertanyaan diantaranya mengenai kondisi jalanan yang sering dilalui setiap harinya, dari saat tidak padat hingga sangat padat.

Setelah selesai menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya akan ada pilihan kategori untuk usia mobil yang harus dijawab juga, mulai dari 0-3 tahun hingga 10-12 tahun. Lalu pada kuesioner terakhir adalah pilihan apakah kendaraan yang dimiliki merupaka beli baru atau mobil bekas. 

Setelah seluruh pertanyaan kuesioner telah diisi, secara otomatis Lifepal akan memberikan rekomendasi jenis asuransi yang cocok dan sesuai, antara jenis asuransi mobil All Risk atau Total Loss Only (TLO). 

Sebagai catatan, asuransi All Risk adalah jenis asuransi yang menanggung kecelakaan kecil hingga parah pada mobil. Jadi, rusak akibat bodi lecet pun bisa diklaim oleh nasabah. 

Sedangkan asuransi Total Loss Only hanya menanggung kerusakan parah diatas 75 persen atau bahkan kehilangan. Jadi, klaim yang bisa diajukan hanya apabila kendaraan sudah rusak total alias tidak bisa dipakai. Pada umumnya, asuransi Total Loss Only memiliki premi yang lebih rendah dibandingkan All Risk

2. Estimasi Premi

Setelah menggunakan kalkulator premi asuransi mobil, Anda  dapatmemasukkan harga mobil serta lokasi dimana wilayah mobil terdaftar, serta pilihan jenis perlindungan yang diinginkan (all risk atau total loss only). Setelah itu, sistem akan otomatis memberikan estimasi kisaran harga premi dari per tahun maupun per bulan. 

Untuk informasi tambahan, perhitungan biaya premi asuransi kendaraan memiliki variasi yang berbeda dimana menyesuaikan dengan kategori wilayah serta kategori harga mobil, dimana hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 Tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi asuransi kendaraan bermotor
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top