Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua OJK Suarakan Komitmen Keuangan Berkelanjutan di COP 26

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan komitmen jangka panjang terhadap sustainable finance untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso  menyebut penerapan keuangan berkelanjutan berbasis environmental, social, and governance (ESG) di pasar modal sangat penting karena akan memberikan nilai positif bagi emiten dan pasar keuangan Indonesia.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebut penerapan keuangan berkelanjutan berbasis environmental, social, and governance (ESG) di pasar modal sangat penting karena akan memberikan nilai positif bagi emiten dan pasar keuangan Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Di Glasgow, Skotlandia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menegaskan komitmen jangka panjang otoritas dalam melaksanakan kebijakan keuangan berkelanjutan dalam mendukung ekonomi hijau.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Wimboh dalam acara Ministerial Talks on Achieving Ambitious Target on GHG Emission Reduction, yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Paviliun Indonesia sebagai bagian dari COP 26.

COP 26 atau Conference of the Parties ke-26 merupakan forum tingkat tinggi para pihak yang melibatkan 197 negara untuk membicarakan dan menanggulangi isu perubahan iklim.

Wimboh menyatakan OJK memegang komitmen jangka panjang terhadap sustainable finance untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon.

“OJK terus mendukung komitmen Pemerintah Indonesia terhadap Perjanjian Paris serta langkah negara untuk mencapai tujuan Net Zero Emission,” kata Wimboh dalam keterangan resmi, Selasa (2/11/2021).

Berdasarkan data terkini, nilai pembiayaan berkelanjutan di Indonesia telah mencapai US$55,9 miliar atau sekitar Rp809,75 triliun, penerbitan green bond di pasar domestik tercatat US$35,12 juta atau 0,01 persen dari total outstanding bond.

Sementara itu, global sustainability bond yang diterbitkan oleh emiten Indonesia telah mencapai lebih dari US$ 2,22 miliar atau setara Rp31,6 triliun dan portofolio blended finance telah mendapatkan komitmen sebesar US$2,46 miliar (Rp35,6 Triliun).

Indeks SRI-Kehati ESG juga telah membuktikan ketangguhannya selama pandemi dan mengungguli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Di sektor perbankan, total pinjaman terkait keuangan berkelanjutan tercatat sebesar USD55,9 miliar, setara Rp809,75 triliun. 

Sementara itu, hampir 50 persen bank di Indonesia yang mewakili 91 persen total aset pasar perbankan menunjukkan peningkatan komitmen dalam penerapan keuangan berkelanjutan. Hal tersebut diukur dari Laporan Keberlanjutan dari tiap-tiap bank.

Menurut Wimboh, OJK memantau risiko terkait perubahan iklim serta krisis energi yang menekan ekonomi global. Tingginya biaya transisi ke ekonomi rendah karbon membawa tantangan dalam mempercepat pembiayaan berkelanjutan di negara berkembang.

Risiko perubahan iklim tersebut juga harus diperlakukan sebagai prioritas tinggi dan perlu dikurangi dengan upaya kolaboratif seluruh pemangku kepentingan.

Wimboh menyampaikan komitmen OJK dalam mengakselerasi keuangan berkelanjutan telah diwujudkan dalam penerbitan Roadmap Keuangan Berkelanjutan pada 2015 - 2019. Langkah itu kemudian dilanjutkan pada tahap kedua, yakni tahun 2020 hingga 2024.

Sasaran strategis Roadmap Keuangan Berkelanjutan meliputi terciptanya ekosistem, yang mendukung percepatan keuangan berkelanjutan, peningkatan pasokan dan permintaan dana serta instrumen keuangan yang ramah lingkungan. Selain itu, turut serta dalam penguatan pengawasan dan koordinasi dalam penerapan keuangan berkelanjutan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper