Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BNI (BBNI) Fasilitasi Debitur UMKM Masuk Mall di Dubai

Sebagai pilot project, perseroan mensponsori 10 pelaku UMKM yang mencakup hingga 30 produk untuk dapat dipasarkan di outlet Al Jaber Gallery Dubai Mall.
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Royke Tumilaar /Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Royke Tumilaar /Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memfasilitasi debitur usaha mikro kecil menengah atau UMKM nasional untuk menembus pasar global. Salah satunya mendorong UMKM lokal masuk ke Al Jaber Gallery di Mall of Dubai.

Sebagai pilot project, perseroan mensponsori 10 pelaku UMKM yang mencakup hingga 30 produk, antara lain sepatu, keramik, fabrik, perhiasan, porselen, tas, dan pajangan rumah untuk dapat dipasarkan di outlet Al Jaber Gallery Dubai Mall. 

Direktur Utama Bank BNI Royke Tumilaar menuturkan UMKM merupakan segmen strategis yang perlu didorong pemulihan kinerjanya tahun ini. Untuk itu, BNI terus mencari potensi pertumbuhan bagi debitur UMKM untuk menembus pasar global, seperti di Timur Tengah.

Dia menambahkan emiten bank dengan sandi BBNI tersebut baru saja merampungkan kerja sama dengan Al Jaber Gallery di Dubai Mall. Langkah ini diharapkan mampu memperbesar cakupan pasar bagi pelaku UMKM ke depannya.

“Tentunya, hal ini kami harapkan dapat memberi dampak positif untuk membuka jalan UMKM Indonesia go global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/11/2021).

Royke mengatakan bahwa saat ini BNI Xpora berperan sebagai fasilitator UMKM untuk mendapat tempat di gerai toko souvenir terbesar di United Arab Emirate itu. Namun, ke depannya, para pelaku UMKM dapat bekerja sama langsung dengan Al Jaber Gallery. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir optimistis bahwa momentum kebangkitan UMKM akan lebih cepat seiring dengan terbukanya pasar-pasar global.

“Ini tentunya sangat bagus. BNI dengan program Xpora mampu membuka akses pada UMKM. Di sinilah peluang pendapatan UMKM yang besar itu," kata Erick. 

Erick juga menyatakan dukungan pemerintah melalui belanja produk UMKM juga akan terus ditingkatkan. Dengan demikian, pelaku UMKM mendapat pasar tetap yang dapat dijadikan basis pendapatan untuk berkembang lebih tinggi. 

Pemilik dari Al Jaber Gallery, Abdulla Jaber Belshalat, pengusaha di bidang kerajinan dan barang antik, mengatakan telah menguratori 30 produk-produk dari BNI Xpora. Dia kagum melihat produk Indonesia memiliki kualitas serta tingkat kerumitan yang tinggi. 

Dia berharap produk-produk Indonesia ini mampu menjaga kualitasnya ke depan, karena dari titik ini permintaan pelanggan dinilai akan lebih tinggi. Al Jaber akan mulai menempatkan produk-produk UMKM ke seluruh outlet Aljaber di Dubai dan Abu Dhabi. 

“Ke depannya, kami juga menjalin kerja sama langsung dengan para pelaku UMKM Indonesia agar pengadaan barang dilakukan lebih cepat,” ujar Abdulla Jaber. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper