Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkat Transformasi, Jasa Raharja Sabet Penghargaan Top BUMN Awards 2021

Jasa Raharja mendapatkan 'TOP CORPORATE BUMN' kategori perusahaan non-publik sektor finansial dengan aset di atas Rp15 triliun.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 30 November 2021  |  14:49 WIB
Jasa Raharja Riau menyediakan layanan mudik virtual guna menekan pandemi Covid-19 dan kerinduan terhadp keluarga terobati saat VC.  - Foto Antara
Jasa Raharja Riau menyediakan layanan mudik virtual guna menekan pandemi Covid-19 dan kerinduan terhadp keluarga terobati saat VC. - Foto Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Di Bawah Kepemimpinan Rivan Purwantono, penyelenggara asuransi sosial pelat merah PT Jasa Raharja menyabet penghargaan dalam Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021 'Accelerating Economic Recovery' yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa (30/11/2021).

Anggota Holding BUMN Asuransi-Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG) ini, mendapatkan 'TOP CORPORATE BUMN' kategori perusahaan non-publik sektor finansial dengan aset di atas Rp15 triliun.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan penghargaan ini merupakan hasil transformasi yang dilakukan insan jasa Raharja sebagai asuransi publik yang memberikan layanan terus menerus terutama berkaitan kecelakaan.

"Semoga ini menjadi semangat melakukan transformasi digital buat perusahaan," katanya saat menerima penghargaan. 

Sebagai informasi, Jasa Raharja pada kuartal III/2021 mencatatkan peningkatan aset sebesar 7,18 persen (year-to-date/ytd) menjadi Rp16 triliun dari sebelumnya Rp14,93 triliun pada akhir 2020.

Kinerja apik dari sisi aset ini ditopang kenaikan dari hasil investasi maupun bukan investasi, masing-masing 6,6 persen (ytd) menjadi Rp14,71 triliun dan 13,8 persen (ytd) menjadi Rp1,28 triliun.

Premi bruto Jasa Raharja naik 2,7 persen (year-on-year/yoy) menjadi Rp3,02 triliun, membuat total pendapatan underwriting juga naik ke Rp3,18 triliun karena pencadangan sudah mengarah ke positif.

Adapun, beban klaim terbilang stabil di Rp1,72 triliun, namun membuat total beban underwriting turun tipis dari tahun lalu menjadi Rp1,89 triliun karena klaim reasursnsi menurun.

Kinerja laba-rugi ini membuat hasil underwriting Jasa Raharja naik dari Rp939,92 miliar menjadi Rp1,29 triliun. Laba usaha asuransi pun naik drastis 74,2 persen (yoy) menjadi Rp1,02 triliun, sementara laba bersih naik ke Rp1,35 triliun dari sebelumnya Rp911,68 miliar.

Adapun, dari sisi rasio tingkat solvabilitas atau risk based capital (RBC), Jasa Raharja menggambarkan permodalan yang kuat dengan RBC menembus 708,67 persen di kuartal III/2021 dari sebelumnya 553 persen pada 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa raharja Rivan Purwantono
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top