Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Emiten Bank Gelar RUPSLB Desember 2021, CIMB Niaga hingga Bank Neo Commerce

Sebanyak 8 emiten perbankan bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Desember 2021.
Karyawan beraktivitas di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (3/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di kantor PT CIMB Niaga Auto Finance di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (3/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 8 emiten perbankan bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Desember 2021.

Dalam rapat tersebut, delapan perbankan akan membahas sejumlah rencana perseroan dalam menghadapi pergantian tahun. Mulai dari minta persetujuan aksi penambahan modal lewat skema rights issue, hingga perubahan susunan direksi.

Berikut adalah 8 emiten bank yang bakal menggelar RUPSLB pada bulan ini:

1. Bank of India Indonesia (BSWD)

PT Bank of India Indonesia Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB pada Kamis, 9 Desember 2021. Rapat akan diselenggarakan di kantor Bank of India Indonesia di Jalan K.H. Samanhudi No.37, Jakarta, mulai pukul 11.00 WIB hingga selesai.

Agenda dalam rapat tersebut adalah membahas pengangkatan atau perubahan susunan direksi serta dewan komisaris perseroan. Rapat akan dilaksanakan secara fisik dan elektronik.

Bagi pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dalam rapat adalah yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang saham perseroan pada sub rekening PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 16 November 2021 sampai dengan jam 16.00 WIB.

2. Bank CIMB Niaga (BNGA)

PT Bank CIMB Niaga Tbk. akan melaksanakan RUPSLB pada 17 Desember 2021 untuk mengesahkan permohonan Tigor M. Siahaan, yang mundur dari pucuk pimpinan perseroan. Lani Darmawan, Direktur Perbankan Konsumer CIMB Niaga, diusulkan untuk menggantikan Tigor.

Persetujuan terhadap nama Lani Darmawan sebagai Presiden Direktur CIMB Niaga yang baru akan ditetapkan dalam RUPSLB mendatang. Direksi menyatakan bahwa rapat akan diselenggarakan secara elektronik lewat electronic general meeting system KSEI (eASY.KSEI).

3. Bank JTrust Indonesia (BCIC)

PT Bank JTrust Indonesia Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB di Jakarta pada 17 Desember 2021. Terdapat dua mata acara yang dibahas dalam rapat, yakni rights issue dan persetujuan atas perubahan Anggaran Dasar Perseroan.

Dalam rapat tersebut, perseroan meminta persetujuan untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 9,05 miliar saham Seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Selain itu BCIC meminta persetujuan atas perubahan Anggaran Dasar Perseroan dalam rangka penyesuaian maksud dan tujuan serta kegiatan usaha dengan ketentuan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020.

4. Bank Bisnis Internasional (BBSI)

PT Bank Bisnis Internasional Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB di kantor pusat Bank Bisnis, Bandung, pada Senin, 20 Desember 2021. Direksi menyampaikan bahwa terdapat dua agenda rapat yang bakal dibahas.

Pertama, penegasan perubahan komposisi pemegang saham perseroan atas PT Finaccel Teknologi Indonesia menjadi 40 Persen berdasarkan transaksi yang telah terjadi di bursa sesuai dengan keterbukaan informasi perseroan tertanggal 18 Oktober 2021.

Kedua, rapat akan membahas persetujuan untuk merubah maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan guna disesuaikan dengan Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

5. Bank Ganesha (BGTG)

PT Bank Ganesha Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB di Jakarta pukul 14.00 pada Rabu, 22 Desember 2021. Ada tiga agenda yang akan dibahas dalam rapat. 

Salah satunya, perseroan akan meminta restu pemegang saham atas rencana penerbitan saham baru melalui penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 5,58 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Agenda berikutnya membahas perubahan ketentuan pasal 3 anggaran dasar perseroan dalam rangka penyesuaian maksud dan tujuan serta kegiatan usaha dengan ketentuan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020.

Selanjutnya, terkait perubahan ketentuan pasal 4 anggaran dasar perseroan dalam rangka meningkatkan modal dasar perseroan menjadi Rp4 triliun terbagi atas 40 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per saham.

6. Bank QNB Indonesia (BKSW)

PT Bank QNB Indonesia Tbk. menggelar RUPSLB pada Kamis, 23 Desember 2021. Dalam hal ini, pemegang saham dapat mengajukan usulan mata acara rapat dengan memenuhi persyaratan dalam Pasal 12 ayat 8 Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 16 POJK 15/2020.

Dengan mempertimbangkan pencegahan penularan Covid-19, maka rapat dilaksanakan secara fisik dan elektronik melalui fasilitas Electronic General Meeting System PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (eASY.KSEI).

Pemegang saham yang berhak hadir dalam rapat adalah mereka yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada Selasa (30/11/2021), sampai dengan pukul 16.00 WIB.

7. Bank Neo Commerce (BBYB)

PT Bank Neo Commerce Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB pada 29 Desember 2021. Pemegang saham yang berhak hadir dalam rapat adalah mereka yang namanya tercatat secara sah dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada 6 Desember 2021 pukul 16.00 WIB.

Pemegang saham dapat mengusulkan mata acara rapat dan harus diterima direksi perseroan paling lambat 29 November 2021. Lebih lanjut, Bank Neo Commerce akan mengumumkan pemanggilan rapat di situs web Bursa, KSEI dan perseroan pada 7 Desember 2021.

8. Bank Capital Indonesia (BACA)

PT Bank Capital Indonesia Tbk. akan menyelenggarakan RUPSLB pada 29 Desember 2021. Pemegang saham yang berhak hadir adalah yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada Senin (6/12/2021) sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Tak hanya itu, pemegang saham pada sub rekening efek PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada penutupan perdagangan saham di BEI pada 6 Desember 2021 sampai dengan pukul 16.00 juga berhak hadir.

Direksi Bank Capital menyampaikan bahwa agenda RUPSLB tersebut membahas 2 hal, yakni perubahan susunan pengurus perseroan dan perubahan pasal 1 anggaran dasar perseroan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper