Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyelamatan Jiwasraya, Erick Thohir Minta Maaf ke Pemegang Polis 

Berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor S-387/NB.2/2021, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) telah mulai menerima pengalihan polis hasil restrukturisasi dari Jiwasraya.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  20:59 WIB
  Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan seremonial pengalihan polis hasil restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), Rabu (22/12/2021) - Denis Riantiza M
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan seremonial pengalihan polis hasil restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), Rabu (22/12/2021) - Denis Riantiza M

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pemegang polis atas upaya penyelamatan polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang dirasa belum sempurna.

Dia menuturkan, pemerintah telah berupaya memastikan perlindungan konsumen dan memastikan kehadiran negara dalam penyelesaian persoalan Jiwasraya. 

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada pemegang polis bahwa apa yang kami kerjakan tidak semua sempurna," ujar Erick dalam acara Seremonial Pengalihan Polis, Rabu (22/12/2021).

Dia mengungkapkan bahwa awalnya, Jiwasraya tidak masuk dalam key performance indicator (KPI) yang menjadi penugasan Presiden Joko Widodo. Namun, setelah rapat internal, ditemukan permasalahan di beberapa BUMN yang harus diperbaiki, salah satunya Jiwasraya dan Asabri. 

Kemudian, penyelesaian masalah Jiwasraya melalui program restrukturisasi, kata Erick, mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo. Dia berharap upaya penyelamatan Jiwasraya yang telah dilakukan dapat mengembalikan lagi kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

"Sejak awal, niat kita bersama adalah mengembalikan kepercayaan bahwa negara hadir dan bisnis asuransi ini, bisnis kepercayaan. Apalagi, yang kita hadapi sekarang second wave digital, semua nanti berbasis teknologi di mana aksesibilitas makin mudah sehingga penipuan atau crime akan makin tinggi. Ini makanya, kami concern kenapa dari awal kita harus bersama berani melangkah dan memastikan kepastian hukum dan perlindungan konsumen," katanya.

Adapun, berdasarkan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor S-387/NB.2/2021, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) telah mulai menerima pengalihan polis hasil restrukturisasi dari Jiwasraya. Dalam prosesnya, polis yang dialihkan telah dilakukan due diligence untuk memastikan bahwa polis yang dialihkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta memitigasi segala risiko yang berpotensi mempengaruhi kelayakan finansial, operasional, dan going concern kegiatan usaha IFG Life.

Pada hari ini, Rabu (22/12/2021), IFG Life menyerahkan secara simbolis polis yang telah berhasil dialihkan kepada nasabah korporasi dan retail, serta simbolis pembayaran klaim untuk nasabah bancassurance dengan produk Mantap Plus Plan C.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jiwasraya erick thohir IFG life
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top