Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Bank yang Sudah Terapkan BI-Fast, Biaya Transfer Antar Bank Rp2.500

BI Fast akan beroperasi tanpa henti, berlangsung seketika atau real time, mudah, aman dan murah.
Peluncuran Livin' by Mandiri dan Kopra by Mandiri/Istimewa
Peluncuran Livin' by Mandiri dan Kopra by Mandiri/Istimewa

BCA dan Bank Mandiri

BCA

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) resmi mengimplementasikan layanan BI-Fast di kanal myBCA versi situs web. Ke depannya, layanan tersebut juga akan diterapkan di aplikasi myBCA untuk pengguna IOS dan Android.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan BI-Fast merupakan inovasi dalam mendorong modernisasi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan infrastruktur sistem pembayaran ritel.

Dia mengungkapkan bahwa perseroaan cukup antusias menyambut infrastruktur modern BI-Fast, yang secara berkesinambungan memperkuat inovasi, efisiensi dan resiliensi infrastruktur sistem pembayaran nasional sejajar dengan negara maju lainnya.

“Kami meyakini inovasi ini relevan dan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat khususnya nasabah perbankan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).

Penerapan sistem BI-Fast saat ini dapat dimanfaatkan nasabah di kanal myBCA versi website. myBCA merupakan digital platform yang hanya memerlukan single user ID nasabah untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening miliknya, dengan menggunakan BCA ID. Layanan ini juga akan dikembangkan di kanal BCA lainnya secara bertahap.

Bank Mandiri

Bank Mandiri kini melengkapi financial super app Livin' by Mandiri yang berlogo kuning dengan fitur BI-Fast yang dapat dinikmati oleh nasabah mulai Selasa (28/12/2021), terutama pengguna Android.

Namun dalam waktu dekat, pengguna iOS pun juga akan dapat menikmati layanan BI-Fast di aplikasi Livin' by Mandiri.

Direktur Information and Technology Bank Mandiri, Timothy Utama mengharapkan, penerapan BI-Fast dapat mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, integrasi ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end dari perbankan digital, fintech, e-commerce, dan konsumen, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Timothy mengklaim, Livin’ by Mandiri menjadi aplikasi perbankan mobile yang pertama dan terlengkap dalam menghadirkan BI-Fast ke publik. Di samping menggunakan nomor rekening, nasabah kini bisa menggunakan nomor handphone ataupun email yang sudah terdaftar di BI-Fast sebagai alternatif tujuan transfer, baik ke rekening sesama Bank Mandiri atau bank lain.

“Financial super app Livin’ by Mandiri kini semakin lengkap dengan hadirnya BI-Fast. Ini [BI-Fast] sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” ujar Timothy dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12/2021).

Timothy menyampaikan bahwa biaya transfer antarbank dengan menggunakan BI-Fast hanya Rp2.500 dengan limit sampai Rp250 juta secara real-time dengan menggunakan nomor rekening, nomor handphone, maupun alamat email.
Tak hanya itu, transfer ke sesama rekening Mandiri pun tetap gratis dan lebih praktis menggunakan nomor handphone dan email.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper