Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Empat Bank Jumbo Sumbang Separuh Total Penyaluran Kredit. Siapa Paling Tinggi?

Empat bank besar mencatatkan total kredit secara konsolidasi sebesar Rp3.312,47 triliun sampai dengan akhir Desember 2021.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 07 Februari 2022  |  17:45 WIB
Nasabah bertransaksi di Galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Jakarta, Minggu (29/7/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Nasabah bertransaksi di Galeri Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Jakarta, Minggu (29/7/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Empat bank besar di Tanah Air yang masuk ke dalam daftar Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) IV telah memaparkan kinerja keuangannya sepanjang 2021.

Sekadar informasi, KBMI 4 merupakan kategori perbankan yang memiliki modal inti lebih dari Rp70 triliun. Mereka di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

Secara keseluruhan, keempat bank jumbo mencatatkan total kredit secara konsolidasi sebesar Rp3.312,47 triliun sampai dengan akhir Desember 2021. Jumlah tersebut setara dengan lebih dari separuh angka kredit nasional atau 57,42 persen dari total penyaluran kredit sepanjang tahun lalu.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penyaluran kredit perbankan hingga akhir Desember 2021 sebesar Rp5.769 triliun, atau naik 5,24 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp5.482 triliun.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan bahwa sektor ekonomi dan keuangan masih berada dalam proses pemulihan setelah diterpa pandemi Covid-19 dalam kurun dua tahun terakhir. Dari sektor perbankan, indeks stabilitas keuangan cukup terkendali, diiringi dengan profil risiko perbankan tetap terjaga.

“Kredit sudah bertumbuh 5,2 persen secara tahunan [yoy] dengan NPL yang terkendali pada level 3 persen dan cenderung turun dari tahun lalu, di mana tahun lalu mencapai 3,06 persen,” ujarnya dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Lantas, siapa bank jumbo yang menyalurkan kredit paling besar?


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan OJK kredit perbankan
Editor : Azizah Nur Alfi

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top