Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Spin Off UUS, Prudential Sharia Life Assurance Resmi Kantongi Izin dari OJK

PT Prudential Sharia Life Assurance resmi memperoleh izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  12:20 WIB
Spin Off UUS, Prudential Sharia Life Assurance Resmi Kantongi Izin dari OJK
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Prudential Sharia Life Assurance resmi memperoleh izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal itu diumumkan oleh OJK melalui Pengumuman Nomor PENG-2/NB.213/2022 yang ditandatangani oleh Direktur IKNB Syariah Kris Ibnu Roosmawati.

"Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan telah memberikan izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah kepada PT Prudential Sharia Life Assurance," ujar Kris dalam pengumumannya, dikutip Rabu (23/3/2022).

Pemberian izin usaha tersebut berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: KEP-16/D.05/2022 tertanggal 11 Maret 2022.

OJK menyatakan, pemberian izin usaha di bidang asuransi jiwa dengan prinsip syariah tersebut mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Dewan Komisioner.

Adapun, PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) merupakan badan hukum yang dibentuk sebagai pemisahan unit usaha syariah dari induknya PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).  

Pada 8 Oktober 2021, Prudential Indonesia mengumumkan rencana pemekaran usaha melalui pemisahan (spin off) unit usaha syariahnya. Manajemen Prudential Indonesia menyampaikan bahwa tujuan pemisahan unit usaha syariahnya tersebut agar Prudential Indonesia dapat terus fokus pada fungsinya sebagai perusahaan asuransi jiwa, sedangkan Prudential Syariah akan fokus pada asuransi jiwa berdasarkan prinsip syariah.

"Manajemen dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah akan lebih fokus pada kegiatan usahanya masing-masing, diantaranya peluncuran produk baru, pelaksanaan kerja sama dengan mitra strategis perusahaan, dan pengembangan digitalisasi bagi kenyamanan nasabah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan masing-masing dalam melayani nasabah," demikian pernyataan manajemen Prudential Indonesia.  

Selain itu, spin off tersebut juga dilakukan untuk memenuhi ketentan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentan Perasuransian dan POJK Nomor 67/POJK.05/2016 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah.

Prudential Indonesia berencana melakukan pengalihan portofolio kepesertaan unit usaha syariahnya kepada Prudential Syariah setelah mendapat persetujuan dari OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah prudential indonesia spin off
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top