Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Lebaran, BSI (BRIS) Siapkan Uang Tunai Rp11,09 Triliun

BSI menyiapkan uang tunai sebesar Rp11,09 triliun untuk Hari Raya Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 20 April 2022  |  17:19 WIB
Karyawan Bank Syariah Indonesia menunjukkan uang di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan Bank Syariah Indonesia menunjukkan uang di KC Jakarta Hasanudin, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI menyiapkan uang tunai sebesar Rp11,09 triliun untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan transaksi keuangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022. Nilai tersebut naik 113 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 159 persen menjadi Rp6,21 triliun.

Achmad menyampaikan, saat ini emiten bersandi saham BRIS fokus untuk memastikan ketersediaan dana, terutama pada mesin ATM agar dapat berjalan baik untuk melayani kebutuhan nasabah, terutama saat libur Lebaran, yakni pada 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, lanjut Achmad, BSI akan memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM hingga maksimal 100 persen

“Kami memperkirakan puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur Lebaran, yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR, serta selama cuti bersama mendatang,” kata Achmad dalam keterangan tertulis, Selasa (19/4/2022).

Dia menambahkan, untuk transaksi tarik tunai, transfer antarcabang dan pembayaran bulanan, nasabah dapat melakukan melalui jaringan e-channel BSI yang meliputi lebih dari 2.400 unit ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, dan Electronic Data Capture (EDC).

Tak hanya itu, lebih dari 300 kantor cabang BSI yang tersebar di seluruh Indonesia juga akan tetap akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergantian pada Hari Raya Idulfitri 1443 H, yakni antara 29 April hingga 6 Mei 2022.

Achmad menjelaskan layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi setoran, penarikan tunai serta layanan transfer sesama BSI, Penebusan DO Pertamina, dan pembukaan rekening.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada Kantor Cabang Utama, khususnya di lokasi publik,” sambungnya.

Di samping itu, BSI juga terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya, salah satunya melalui layanan BSI Mobile.

"Saat ini, seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone nasabah,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran uang tunai Bank Syariah Indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top