Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Milad Dua Tahun, Begini Kinerja LinkAja Syariah

Saat ini kontribusi pendapatan layanan syariah LinkAja telah mencapai 23 persen terhadap total pendapatan LinkAja.
Sales Promotion Girl (SPG) menunjukkan aplikasi LinkAja di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Sales Promotion Girl (SPG) menunjukkan aplikasi LinkAja di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan uang elektronik LinkAja Syariah milik PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) mencatatkan pertumbuhan gemilang di 2021.

Plt CEO LinkAja Wibawa Prasetyawan menyampaikan, pertumbuhan transaksi melalui layanan LinkAja Syariah meningkat 332 persen dibandingkan pertumbuhan transaksi di 2020. Pertumbuhan gross transaction value (GTV) LinkAja Syariah juga tercatat meningkat sebesar 306 persen.

"Kemudian, pertumbuhan revenue lebih bagus lagi, meningkat 1.400 persen," ujar Wibawa dalam acara LinkAja Syariah Milad ke-2, Jumat (22/4/2022).

Dia menuturkan, saat ini kontribusi pendapatan layanan syariah LinkAja telah mencapai 23 persen terhadap total pendapatan LinkAja.

Sementara itu, dari sisi pengguna LinkAja Syariah telah mencapai 6,6 juta pengguna per Maret 2022. Menurut Wibawa jumlah pengguna tersebut tumbuh 150 persen dibandingkan tahun lalu.

Dia menambahkan, LinkAja Syariah merupakan bentuk manifesto LinkAja untuk mendukung pemerintah mewujudkan visi masterplan ekonomi syariah Indonesia. Dengan pencapaian selama dua tahun ini, LinkAja berkomitmen akan terus mengembangkan ragam layanan syariah digitalnya sehingga dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi masyarakat.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, sejak 2009 penggunaan uang elektronik terus mengalami pertumbuhan. Bank Indonesia mencatat per Februari 2022, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 41,35 persen secara tahunan, yakni mencapai Rp27,1 triliun.

"Angka ini diperkirakan masih akan terus naik sejalan dengan meningkatnya penerimaan dan preferensi masyarakat terhadap uang elektronik," kata Ma'ruf.

Menurutnya, pertumbuhan penggunaan uang elektronik tak lepas dari perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat untuk bertransaksi secara praktis, aman, nyaman, dan cepat. Apalagi dengan adanya pandemi, popularitas uang elektronik semakin meningkat dan fungsinya kian meluas, mulai dari untuk pembayaran tol nontunai, pembayaran pajak, belanja daring, hingga penyaluran dana sosial.

Besarnya potensi ekonomi digital, termasuk uang elektronik turut menjadi faktor pendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Ma'ruf menuturkan, ekonomi dan keuangan syariah juga merasakan dampak positif yang dibawa oleh teknologi digital.

Dia pun berharap ke depan LinkAja Syariah dapat terus mengoptimalkan peran dan potensi, serta layanannya dengan menjaga komitmen aspek keamanan, yakni memberikan jaminan perlindungan dan kemampuan mengatasi risiko kejahatan cyber dan menjaga aspek kemanfaatan, yakni tidak hanya mencakup kemudahaan dan luasnya layanan, transaksi juga mencakup sifat adaptabilitas dan inovatif mengikuti kebutuhan masyarakat yang dinamis.

"Saya berharap LinkAja Syariah semakin memperluas kolaborasi dengan beragam pelaku dan ekonomi keuangan syariah, utamanya dalam menyokong UMKM dan menyalurkan dana sosial syariah," ujar Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper