Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obligasi Berkelanjutan V Indomobil Finance Peroleh Peringkat idA+

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Indomobil Finance menerbitkan Obligasi Berkelanjutan V Tahap I Tahun 2022 dengan tingkat bunga tetap senilai Rp 600 miliar.
Obligasi Berkelanjutan V Indomobil Finance peroleh peringkat idA+ dari Pefindo.
Obligasi Berkelanjutan V Indomobil Finance peroleh peringkat idA+ dari Pefindo.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idA+ untuk Obligasi Berkelanjutan V Indomobil Finance Indonesia Tahun 2022 dengan nilai sebesar-besarnya Rp5 triliun.

Pada saat yang sama, Pefindo menegaskan peringkat idA+ untuk PT Indomobil Finance Indonesia dan obligasi perusahaan yang masih beredar. Prospek untuk peringkat korporasi tersebut adalah stabil.

"Peringkat tersebut mencerminkan tingkat kemungkinan yang tinggi terkait dukungan dari Grup Salim, profil pengelolaan aset dan kewajiban [asset-liability management] yang kuat dan portofolio bisnis yang beragam. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh tingkat profitabilitas perusahaan yang moderat dan kompetisi yang ketat di industri," demikian pernyataan Pefindo melalui siaran persnya, dikutip Selasa (12/7/2022).

Pefindo menyatakan, peringkat dapat dinaikkan jika Indomobil Finance mampu menunjukkan perbaikan kinerja keuangan yang signifikan dan konsisten, dengan tetap mempertahankan profil risiko bisnisnya.

Sementara itu, peringkat dapat berada di bawah tekanan jika posisi usaha Indomobil Finance melemah secara substansial dan berkepanjangan dan pada saat yang sama indikator profitabilitas mengalami pemburukan secara signifikan.

"Kami juga dapat mempertimbangkan untuk mengubah peringkat jika meyakini adanya perubahan yang substansial terkait kapasitas maupun kemauan grup dalam memberikan dukungan luar biasa kepada perusahaan," kata Pefindo.

Adapun, Indomobil Finance merupakan perusahaan pembiayaan Grup Indomobil, salah satu grup otomotif bagian dari Grup Salim yang memegang lisensi beberapa merek kendaraan bermotor dan juga bergerak di sektor lain terkait otomotif, termasuk penyediaan jasa purna jual, perakitan kendaraan, produksi komponen, dan distribusi suku cadang. Per 31 Desember 2021, Indomobil Finance dimiliki oleh PT Indomobil Multi Jasa Tbk. (99,909 persen) dan PT IMG Sejahtera Langgeng (0,091 persen).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Indomobil Finance menerbitkan Obligasi Berkelanjutan V Tahap I Tahun 2022 dengan tingkat bunga tetap senilai Rp 600 miliar. Surat utang ini ditawarkan dalam 2 seri, yakni, Seri A  dengan tenor 370 hari dengan kupon 4,6 persen dan Seri B tenor 5 tahun dengan kupon 7,60 persen. Penawaran Umum dimulai pada 4 Juli sampai dengan 5 Juli 2022 dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 11 Juli 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper