Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adira Finance (ADMF) Adakan Festival UMKM di 5 Desa Wisata

Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan komitmen ADMF untuk turut mendukung UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten sektor pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) atau Adira Finance kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) yang ke-3 kalinya di 5 Desa Wisata wilayah Jawa dan Bali, mulai Agustus hingga November 2022.

Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila menjelaskan bahwa FKL 2022 yang bertema 'Desa Wisata Ramah Berkendara' ini juga merupakan komitmen pihaknya untuk turut mendukung UMKM di berbagai wilayah di Indonesia, terutama dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Hal ini juga sejalan dengan visi menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menguatkan keberadaan Adira Finance sebagai perusahaan yang menyediakan solusi keuangan sesuai kebutuhan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (14/8/2022).

ADMF pun menjalin kerja sama strategis dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk mensukseskan program Corporate Social Responsibility (CSR) besutannya ini.

Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-32 Adira Finance yang jatuh pada 13 November mendatang. FKL 2022 akan mendukung keberlanjutan pengembangan desa wisata yang merupakan bagian dari 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Adapun, 5 Desa Wisata di daerah Jawa dan Bali yang sudah memiliki komponen-komponen pendukung seperti infrastruktur berkendara, dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Antara lain, Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut, Jawa Barat; Desa Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Desa Rejowinangun, Kota Yogyakarta, DIY; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur; dan esa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali.

Adapun, rangkaian kegiatan FKL 2022, terdiri dari Desa Wisata Kreatif, yaitu program pengembangan bagi UKM setempat untuk dapat menciptakan paket wisata Desa Wisata Ramah Berkendara yang dapat dijual dan memiliki selling value.

"Kegiatan mencakup pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola destinasi pariwisata di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing dari lima Desa Wisata," tambah Made.

Berikutnya, yaitu Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara yang merupakan kegiatan berkendara puluhan komunitas otomotif dalam rangka membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Wisata dalam bentuk konten multimedia dan kegiatan promosi yang bersifat digital.

Ada lagi Festival Pasar Rakyat, atau sebuah kampanye gerakan sosial untuk menarik simpati masyarakat untuk menjadikan pasar rakyat di daerah Desa Wisata menjadi ruang publik kreatif. Selain itu ada juga workshop yang membantu pedagang pasar dan UMKM tentang literasi keuangan.

Informasi terkait rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 dapat diakses melalui akun media sosial resmi Adira Finance @adirafinanceid, Youtube Adira Finance, dan dan platform situs Sahabat Lokal adira.id/e/fkl2022-pr.

Adira Finance Syariah juga turut mendukung program Moslem Friendly Tourism dari Kemenparekraf RI dengan berkontribusi pada pengembangan sarana dan prasarana rumah ibadah Muslim di 5 desa wisata dari ADWI 2022. Antara lain di Desa Wisata Undisan, Bangli, Bali; Desa Wisata Kubah Basirih, Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Desa Wisata Kambo, Palopo, Sulawesi Selatan; Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara; dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya menyambut baik kolaborasi antara Kemenparekraf RI dan Adira Finance dengan mengadakan kegiatan Festival Kreatif Lokal secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan adanya sinergi yang kuat antar kedua belah pihak, besar harapan bahwa ekosistem destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat pulih dari dampak pandemi dan terus maju," ujarnya.

Adapun, penyelenggaraan FKL 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

Sejalan dengan tujuan Zurich 'Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama', Zurich telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak 2020.

Direktur Utama Zurich Asuransi Indonesia Edhi Tjahja Negara, menyampaikan semangat dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Melalui produk kami yang menjamin pelanggan saat bepergian serta yang menjalankan UKM, saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia, melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka," ungkap Edhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper