Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Resmikan Menara BRILiaN, Ini Keistimewaannya

Menara BRILiaN milik BRI berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Gedung baru ini memiliki 37 lantai.
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan gedung baru bernama Menara BRILiaN bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia, Rabu (17/8).

Gedung berkonsep hijau dan smart building tersebut dibangun di lahan seluas 8.200 meter persegi dengan lokasi berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan bahwa konsep pembangunan green & smart building Menara BRILiaN, selaras dengan upaya perseroan untuk terus meningkatkan penerapan environmental, social, and governance (ESG) dalam seluruh operasional bisnisnya.

Selain itu, konsep pembangunan tersebut juga seturut dengan strategi bisnis dari emiten bank berkode saham BBRI ini, yakni berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan.

“Strategi tersebut menjadi bagian dalam transformasi BRI Group yang saat ini terus berlanjut yang berdasarkan cetak biru [blueprint] BRIVolution 2.0,” ujar Sunarso dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Dia mengatakan Menara BRILian telah mendapatkan sertifikasi green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI) kategori gold. Artinya, secara siklus hidup mulai dari tahap perencanaan hingga renovasinya berdampak positif terhadap iklim dan lingkungan.

Sejumlah aspek unggulan dalam penerapan green building itu, antara lain area hijau seluas 1.356 m2 atau 11,05 persen dari total luas bangunan, efisiensi sumber daya dengan teknologi terbarukan, penerapan konsep zero run off dalam aspek konservasi dan pengelolaan air hujan.

Di sisi lain, material reuse and cycle dapat menghemat konsumsi energi listrik sebesar 19,29 persen dari desain konvensional, hingga manajemen lingkungan bangunan yang unggul.

Menara BRILiaN juga mengusung konsep smart dengan penerapan teknologi dan digitalisasi di berbagai aspek. Semisal, integrasi dengan IBMS (Integrated Building Management System) agar semua subsistem terkait dapat dipantau secara terpusat.

Ada juga full addressable pada sistem peringatan kebakaran, integrasi sistem parkir melalui pengaturan akses dan sistem pembayaran, hingga integrasi sistem pada infrastruktur serat optik gedung dan sistem telepon berbasis internet protokol (IP).

Menara BRILian mulai dibangun sejak 20 Desember 2018 dan selesai pada Juni 2021.  Bangunan yang memiliki 37 lantai ini akan difungsikan sebagai tempat bekerja BRI Group hingga operasional layanan kantor cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper