Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Orang Bangka Belitung Terima Kredit Lunak KUR Rp1,23 triliun

Penyaluran pinjaman lunak Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bangka Belitung telah menjangkau 18.965 debitur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Agustus 2022  |  13:51 WIB
Orang Bangka Belitung Terima Kredit Lunak KUR Rp1,23 triliun
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat  kredit usaha rakyat (KUR) atau lebih dikenal dengan sebutan kredit lunak telah dikucurkan Rp1,23 triliun hingga Juli 2022. Penyaluran KUR di Bangka Belitung ini menjangkau 18.965 debitur.

"Realisasi KUR yang disalurkan perbankan ini sudah tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menekan inflasi," kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Babel Edih Mulyadi di Pangkalpinang seperti dilansir Antara, Minggu (28/8/2022).

Dia mengatakan dalam pemberdayaan UMKM ini, Kementerian Keuangan tengah menggencarkan berbagai program seperti pemberian insentif pajak, informasi permodalan, kemudahan ekspor dan impor, serta melaksanakan gebyar lelang UMKM.

"Saat ini, kami sudah ada grup dengan semua camat untuk diskusi pemberdayaan UMKM agar akses pembiayaan lebih mudah, terutama KUR dan ke depannya akan disosialisasikan juga melalui para tenaga penyuluh pertanian," ujarnya.

Dia menyatakan salah satu penyebab kurangnya penyaluran KUR ini juga dikarenakan masyarakat banyak yang beralih ke timah dan sawit, sehingga UMKM ditinggalkan.

"Namun, kondisi tersebut dinilai situasional dan jika nanti kondisinya terbalik maka harus siap menghadapi. Kesiapannya harus betul-betul siap artinya pembiayaan UMKM berjalan, ekonomi bergerak, sehingga menaikkan pertumbuhan di tingkat regional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bangka belitung kredit usaha rakyat kur

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top