Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

QRIS Indonesia – Thailand Berlaku, BRIS Pede Pengguna BSI Mobile Naik

Bank Syariah Indonesia (BRIS) menjadi satu dari delapan penyelenggara jasa pembayaran QRIS antara Indonesia – Thailand.
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) menjadi satu dari delapan penyelenggara jasa pembayaran (PJP) QRIS antara Indonesia – Thailand. Lewat kerja sama ini, perseroan optimisitis pengguna BSI Mobile berpotensi meningkat.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan perseroan mendukung langkah pemerintah dan regulator dalam mengakselerasi ekonomi digital, sekaligus memperkuat digitalisasi sistem pembayaran lintas negara atau cross border di Asia Tenggara (Asean).

“Kami mendukung upaya pemerintah untuk memperkuat digitalisasi sistem pembayaran, salah satunya melalui perluasan akseptasi QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile,” ujar Hery dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Menurutnya, emiten bank dengan ticker BRIS tersebut akan terus berinovasi dan melakukan terobosan guna meningkatkan layanan digitalnya melalui BSI Mobile.

Dia juga menilai tersambungnya sistem pembayaran QRIS perseroan di Thailand akan mempermudah nasabah dan wisatawan Indonesia dalam bertransaksi secara nontunai. Konektivitas pembayaran di Asean juga dinilai semakin inklusif.

Sementara itu, Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna menilai pemberlakuan QRIS antarnegara tersebut bakal mendorong kenaikan pengguna layanan BSI Mobile.

Sampai dengan semester I/2022, pengguna BSI Mobile tercatat mencapai 4,07 juta atau naik 81 persen secara year-on-year (yoy) dengan transaksi kumulatif sebesar 117,72 juta transaksi. Hal ini membuat perseroan meraup pendapatan berbasis komisi sebesar Rp119 miliar.

“Kami melihat potensi yang sangat baik dengan pemberlakuan QRIS antarnegara ini, mengingat kunjungan warga negara Indonesia ke luar negeri, terutama ke negara Thailand diperkirakan akan meningkat seiring mulai berkurangnya kasus Covid-19,” kata Anton.

Anton menambahkan transaksi QRIS di BSI juga terus meningkat signifikan. Sepanjang Januari – Juni 2022, total transaksi QRIS perseroan mencapai 2,7 juta transaksi dengan nilai Rp524 miliar. jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang membukukan nilai Rp37 miliar.

Adapun, cara bertransaksi menggunakan QRIS di Thailand sangat mudah dan sama dengan penggunaan di Indonesia. Anton mengatakan masyarakat cukup membuka aplikasi BSI Mobile, memilih menu QRIS dan memindai barcode QRIS di toko atau merchant lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper