Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Pinjam Uang Pinjol buat Modal Usaha UMKM

UMKM yang membutuhkan suntikan modal bisa memanfaatkan produk pinjol dari fintech P2P lending.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA — Menbambil pinjaman online atau (pinjol) bukan hal yang buruk bagi UMKM. Kondisi saat ini dinilai tepat bagi pelaku UMKM untuk mengoptimalkan pinjaman jangka pendek melalui platform teknologi finansial atau fintech pendanaan bersama alias peer-to-peer (P2P) lending tersebut.

Perencana Keuangan & Pajak Bisnis dan UMKM dari Finante.id Maychelie Vincent Liyanto menjelaskan alasan kenapa P2P lending patut dipertimbangkan, salah satunya karena produk pinjol dari platform P2P lending kerap lebih relevan dengan kebutuhan para pelaku UMKM ketimbang produk sejenis dari lembaga keuangan konvensional.

"Misalnya, kebanyakan institusi tradisional mengharuskan UMKM untuk memberikan jaminan atau agunan sebelum pinjaman dapat dicairkan. Sedangkan, kebanyakan UMKM cenderung kurang memiliki aset sebagai jaminan untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (4/9/2022).

Bagi UMKM yang membutuhkan dana cepat dengan tenor pendek dan besaran pinjaman yang tidak seberapa, proses aplikasi pinjaman yang rumit dan waktu pencairan yang lama dari lembaga keuangan konvensional terbilang kurang menarik. Bahkan, walaupun fasilitas pinjaman tersebut mengenakan rate yang sedikit lebih murah sekali pun.

"Pinjaman P2P lending lebih didasarkan pada apakah UMKM bersangkutan dianggap layak atau cukup kredibel untuk dana yang diminta. Jika bisnis dianggap layak, platform P2P lending akan mengumpulkan dana dari sekelompok investor, kemudian secara langsung disalurkan sebagai bentuk pinjaman modal kerja. Jadi mekanismenya sangat efektif," tambahnya.

Tips Pinjam Uang Pinjol buat Modal Usaha UMKM

Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com

Sebagai pengingat, platform P2P lending bertugas mempertemukan investor atau pemilik dana (lender) dengan para UMKM yang berstatus sebagai borrower. Para lender mendapat keuntungan dari sisi return yang notabene lebih tinggi ketimbang instrumen investasi tradisional, sementara borrower mendapat keuntungan dari sisi kemudahan dan kecepatan mengakses pinjaman.

Dalam kondisi saat ini, di mana lembaga keuangan konvensional cenderung lebih konservatif dalam akuisisi debitur baru, Vincent melihat masyarakat yang berperan sebagai lender ritel P2P lending justru tengah bersemangat mendorong kemajuan produktivitas para UMKM.

"Karena seperti yang banyak orang tahu, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto semakin menggeliat dalam lima tahun terakhir. UMKM di Indonesia pun berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan dan perekonomian nasional," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Pinjol bisa jaga arus kas
Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper