Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUFG Siapkan 4 Strategi Mendukung Ekonomi Jangka Panjang Indonesia

Mitsubishi UFJ Financial Group atau MUFG menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk jangka panjang.
MUFG./Istimewa
MUFG./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Mitsubishi UFJ Financial Group atau MUFG menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia. Sedikitnya ada 4 langkah yang akan dilakukan MUFG dalam mendukung pertumbuhan tersebut.

Presiden dan CEO MUFG Group Hironori Kamezawa, dalam kunjungannya ke Jakarta, mengatakan bahwa sebagai salah satu ekonomi terbesar di Asia Pasifik, Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi regional.

“Saya tergugah oleh komitmen pemerintah Indonesia dalam berinvestasi di bidang infrastruktur dan menyambut investasi asing sebagai bagian dari cetak biru Visi Indonesia 2045, yang jika terpenuhi akan menempatkan bangsa ini di antara negara-negara dengan PDB teratas di dunia,” tutur Kamezawa, dikutip Kamis (15/9/2022).

Dalam kunjungannya itu, Kamezawa juga menekankan MUFG akan mendukung pembangunan Indonesia melalui empat cara. Pertama melalui pemanfaatan jaringan Asia Pasifik MUFG.

Menurutnya, MUFG telah menginvestasikan lebih dari US$14 miliar di berbagai bank terkemuka di Asia Tenggara (Asean), termasuk Bank Danamon. Langkah ini pun menciptakan jaringan hybrid secara unik dan model layanan nasabah yang terintegrasi One MUFG.

Melalui kemitraannya dengan Danamon, MUFG mendukung perusahaan lokal, multinasional, dan perusahaan asal Jepang di seluruh rantai nilai dan rantai pasok, serta memberikan layanan finansial kepada karyawan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Kedua, mendukung kebutuhan infrastruktur Indonesia. Kamezawa menuturkan prioritas utama MUFG di Indonesia adalah membantu menjawab tantangan terkait rantai pasok, yang jika teratasi akan meningkatkan minat perusahaan multinasional untuk berbisnis di Indonesia.

Komitmen mendukung kebutuhan infrastruktur Indonesia juga terlihat dari pendanaan MUFG pada beberapa proyek utama, seperti pembangunan stasiun light rail transit di Palembang, jalan tol Balikpapan – Samarinda dan stasiun light rail transit Jakarta-Bogor-Depok- Bekasi.

Ketiga, memperdalam hubungan ekonomi Jepang-Indonesia. Menurut Kamezawa, MUFG akan menjembatani perusahaan lokal dengan perusahaan Jepang melalui business matching, sebuah tradisi lama MUFG yang berhasil diterapkan pada berbagai kemitraan perbankan di Asia.

Keempat adalah menjawab tantangan prioritas digitalisasi dan lingkungan di Indonesia. MUFG akan terus memanfaatkan berbagai peluang yang ada di dalam jaringan mitra regionalnya, yang juga mencakup raksasa teknologi, seperti Grab untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.

Kamezawa mengatakan MUFG turut berkomitmen terlibat dalam dialog konstruktif dengan seluruh lapisan pemerintah, industri dan masyarakat, untuk membantu mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan membangun nilai jangka panjang bagi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper