Gandeng MNC Bank & MNC Teknologi Nusantara, BPJAMSOSTEK Tingkatkan Manfaat Menjadi Peserta

Meningkatkan kemudahan pekerja Indonesia dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran, BPJAMSOSTEK berkolaborasi dengan MNC Bank dan Teknologi Nusantara
Foto: Kerjasama BPJAMSOSTEK dengan MNC Bank dan MNC Teknologi Nusantara
Foto: Kerjasama BPJAMSOSTEK dengan MNC Bank dan MNC Teknologi Nusantara

Bisnis.com, JAKARTA – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersinergi dengan Anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP atau MNC Bank) dan PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) untuk memudahkan peserta dan nasabah dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK dan layanan perbankan dari MNC Bank, serta menginisiasi Account Linkage antara aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan MotionPay.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang masing- masing pihak diwakili; Pihak BPJAMSOSTEK oleh Direktur Pelayanan Roswita Nilakurnia, Direktur Perencanaan Strategis dan Tl Pramudya Iriawan Buntoro, Direktur Kepesertaan Zainudin. Sedangkan dari MNC Group diwakili oleh Direktur PT MNC Teknologi Nusantara & Managing Director Digital Financial Services PT MNC Kapital Indonesia Tbk Jessica Tanoesoedibjo, COO MotionPay Sukma Archie dan Presiden Direktur PT. Bank MNC Internasional Tbk Rita Montagna. Hadir langsung menyaksikan, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Anggoro Eko Cahyo dalam keterangannya mengatakan, kerja sama yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi seluruh pekerja Indonesia dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran.

“Kami berkomitmen untuk selalu mengedepankan pelayanan yang optimal kepada seluruh peserta, mulai dari informasi, pendaftaran menjadi peserta hingga saat peserta menerima hak manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan demi mewujudkan customer experience terbaik, dan kerja sama dengan MNC Group ini merupakan salah satu terobosan yang baik untuk mewujudkannya,” ucap Anggoro.

Anggoro melanjutkan, Integrasi antara aplikasi JMO dan aplikasi MotionPay dan juga layanan perbankan oleh MNC Bank ini, diharapkan akan semakin memberikan kemudahan kepada seluruh peserta maupun pekerja yang belum terlindungi.

Gandeng MNC Bank & MNC Teknologi Nusantara, BPJAMSOSTEK Tingkatkan Manfaat Menjadi Peserta

“Kerja sama ini sudah sejalan dengan apa yang ditargetkan yaitu kepesertaan aktif sebanyak 70 juta tenaga kerja di akhir tahun 2026. Target utama kami untuk dilindungi saat ini adalah pekerja informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU),” tambahnya.

Lebih jauh Roswita menambahkan, saat ini jumlah pekerja yang sudah mendownload aplikasi JMO sebanyak 16.9 juta, sedangkan pengguna aktif di tahun 2022 telah mencapai 11 juta peserta. Untuk jumlah yang mengajukan klaim JHT melalui JMO kurang lebih 70rb per bulan.

“JMO ke depannya akan menjadi aplikasi keseharian bagi pekerja, kami menambahkan fitur-fitur dan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama, dengan menambahkan kanal edukasi entertainment dan juga kanal-kanal manfaat program di luar program utama misalnya manfaat perumahan, investasi dan pembiayaan,” ucap Roswita

Sejalan dengan itu, Direktur MNC Bank, Rita Montagna menyampaikan, akan terdapat banyak hal ke depan yang tentunya membawa kebaikan terhadap masyarakat terkhususnya nasabah MNC Bank dan pekerja Indonesia.

“Kerja sama dengan BPJAMSOSTEK ini akan memberikan dampak yang positif bagi MNC Bank karena dapat mendorong ekspansi usaha dan pertumbuhan nasabah MotionBanking secara signifikan. MNC Bank melalui MotionBanking juga berperan dalam mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan BPJAMSOSTEK khususnya dalam hal pendaftaran, pembayaran iuran maupun pencairan Jaminan Hari Tua,” ungkap Rita Montagna.

Selain kemudahan daftar dan bayar, MNC Bank dapat berkolaborasi lebih lanjut dengan Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) untuk bertindak sebagai agen dalam melakukan akuisisi nasabah MotionBanking. Dari sisi kredit, debitur Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Modal Ventura yang sumber dananya diperoleh dari MNC Bank (channeling) akan memperoleh fasilitas kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Menutup kegiatan tersebut, CEO BCAP Yudi Hamka menambahkan, Dengan Account Linkage, pengguna aplikasi JMO yang sudah memiliki akun MotionPay dapat melihat saldo mereka dari aplikasi JMO, serta menggunakan MotionPay sebagai metode pembayaran untuk transaksi yang terjadi di aplikasi.

“Penandatanganan hari ini menandai dimulainya kolaborasi penting antara MNC Bank, MNC Teknologi Nusantara, dan BPJAMSOSTEK, yang akan terus berdampingan saling mendukung dalam berbagai aspek, mengembangkan fitur dan layanan terbaik untuk saling memberi keuntungan. Grup media kami juga diyakini akan berperan signifikan dalam meningkatkan awareness dan mendorong inklusi keuangan. Dengan demikian, diharapkan akan semakin banyak pekerja Indonesia yang mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan secara lebih mudah dan nyaman, di mana hal tersebut juga membawa dampak signifikan dari segi user acquisition serta volume transaksi layanan keuangan kami, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan nasional,” Pungkas Yudi Hamka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper