Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Bayang Resesi, Bos BCA (BBCA) Ramal Kredit 2023 Tumbuh Dobel Digit

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengaku optimistis kinerja kredit perseroan mampu bertumbuh pada tahun depan meski dibayangi risiko resesi global.
Layar menampilkan Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja memberikan paparan pada diskusi panel sesi 1 saat Bisnis Indonesia Banking Outlook 2022 yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu (22/6/2022).  Bisnis/Arief Hermawan P
Layar menampilkan Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja memberikan paparan pada diskusi panel sesi 1 saat Bisnis Indonesia Banking Outlook 2022 yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu (22/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) atau BCA optimistis kinerja kredit perseroan mampu bertumbuh pada tahun depan meski dibayangi risiko resesi global dan ketidakpastian ekonomi.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memperkirakan pertumbuhan kredit perseroan pada 2023 tidak akan berbeda jauh dengan capaian tahun ini. Hal ini disebabkan masih ada sejumlah sektor potensial yang dinilai mampu mengerek kinerja kredit BCA.

Sampai dengan kuartal III/2022, emiten berkode saham BBCA ini telah membukukan penyaluran kredit sebesar Rp682 triliun atau naik 12,6 persen secara year-on-year (yoy). Adapun tahun ini perseroan memproyeksikan kredit tumbuh 8 – 10 persen yoy.

“Untuk tahun 2023, kami cukup optimistis melihat bahwa tahun ini kredit kami secara tahunan sudah naik 12,6 persen. Mudah-mudahan dengan persentase yang kurang lebih sama, kami bisa di tahun 2023. Pun kita tahu tantangan pasti ada,” ujarnya dalam konferensi pers pekan lalu.

Jahja menambahkan bahwa di tengah kondisi saat ini, sulit untuk memetakan sektor mana yang memiliki potensi bertumbuh. Namun, secara umum, dia menyatakan sektor konsumsi akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sektor konsumsi akan selalu dibutuhkan karena 260 juta masyarakat di Indonesia perlu makan dan perlu fesyen juga, itu akan selalu ada kebutuhan,” tuturnya.

Sektor lain yang diharapkan bertumbuh adalah pariwisata. Jahja menyatakan sejumlah negara mulai melonggarkan aktivitas masyarakat untuk bepergian. Hal ini dapat menjadi potensi bagi sektor pariwisata untuk meningkatkan transaksi net foreign exchange.

Berdasarkan laporan BCA, hingga per kuartal III/2022, kinerja kredit perseroan ditopang oleh seluruh segmen seperti kredit korporasi yang naik 13,4 persen yoy menjadi Rp306,1 triliun, sedangkan kredit komersial dan UKM naik 12,6 persen yoy mencapai Rp203,5 triliun.

Selain itu, kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 10,4 persen yoy menjadi Rp105 triliun, dan kredit kendaraan bermotor (KKB) sebesar Rp43,8 triliun atau naik 9,2 persen yoy.

Adapun, saldo outstanding kartu kredit juga tumbuh 15,8 persen yoy menjadi Rp13,0 triliun, sehingga total portofolio kredit konsumer mencapai Rp165,0 triliun atau naik 10,4 persen yoy.

Jahja menambahkan bahwa sebagai bentuk optimisme dalam mendorong kredit dan pemulihan ekonomi Indonesia, perseroan akan kembali menggelar BCA Expo Hybrid 2022.

“Kami melihat tren pemulihan permintaan kredit konsumer terus berlanjut, didukung pelaksanaan dua kali expo pada tahun ini, kami menerima total aplikasi KPR dan senilai Rp30 triliun,” pungkas Jahja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper