Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa itu Leasing? Ini Contoh, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya 

Leasing adalah suatu kegiatan pembiayaan yang berbentuk penyediaan barang atau modal yang bisa dilakukan oleh siapapun.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 25 Oktober 2022  |  15:39 WIB
Apa itu Leasing? Ini Contoh, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya 
Contoh dan manfaat leasing. - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Leasing adalah metode pembiayaan yang dilakukan melalui pengadaan barang modal maupun asset untuk diberikan kepada perusahaan maupun individu. Biasanya, para penerima leasing ini merupakan pengusaha yang menjalankan suatu kegiatan bisnis sehingga modal tersebut dibutuhkan untuk melancarkan aktivitas usaha. 

Selain itu, leasing juga merupakan metode pembayaran yang diberikan oleh suatu perusahaan dalam waktu tertentu. Cara pembayarannya yaitu melalui metode cicilan sejumlah uang sesuai keputusan bersama. Ketika debitur berhasil untuk melunasinya, maka ia memiliki pilihan untuk membelinya menggunakan nilai yang tersisa. 

Berikut ini adalah penjelasan tentang leasing yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis Leasing

  • Sales Type Lease 
    Lease jenis ini merupakan salah satu bidang jenis leasing yang umumnya dikerjakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri. Kemudian mereka akan melakukan penjualan lease barang dari hasil produk yang mereka buat. Ada dua jenis pendapatan yang bisa diakui, yang pertama adalah pendapatan yang berasal dari hasil jual barang. Lalu yang kedua adalah pendapatan yang berasal dari bunga pembelanjaan selama waktu tertentu.
  • Operating Lease 
    Operating lease adalah salah satu jenis perusahaan leasing yang dimana pihak lessor akan membeli suatu barang dan kemudian disewakan kepada para nasabah dalam waktu yang sudah disepakati. 

Untuk hal ini biasanya pihak nasabah hanya perlu membayar biaya rental barang saja. Sedangkan untuk harganya dan biaya lainnya akan ditanggung oleh pihak lessor. 

  • Capital Lease 
    Leasing jenis ini merupakan jenis perusahaan yang bergerak di bidang leasing dan berasal dari Lembaga keuangan. Jenis leasing yang satu ini biasanya dapat melayani pihak nasabah yang membutuhkan kebebasan dalam hal menentukan modal atau barang dengan spesifikasi tertentu. 

Dalam penggunaannya, pihak lessor akan memberikan sejumlah dana untuk digunakan membayar hutang yang dibutuhkan oleh pihak supplier. Setelah itu, pihak lessor akan mendapatkan imbalan berupa pembayaran secara dicicil atau mengangsur dalam waktu yang sudah disepakati. 

  • Cross Border Lease
    Jenis ini merupakan jenis leasing yang dilakukan oleh antar negara. Yang artinya, pihak lessor dan juga lessee tidak ada di dalam satu negara yang sama. Aka tetapi, keduanya berada di negara yang berbeda. Umumnya, jenis leasing ini hanya melakukan transaksi untuk barang yang memiliki nominal yang besar, seperti produk pesawat terbang Boeing atau Airbus.
  • Leverage Lease 
    Jenis ini merupakan permodalan yang melibatkan pihak ketiga. Jadi, lessor tidak membayar barang modal sepenuhnya, melainkan akan patungan bersama pihak ketiga. Jadi, dalam pembayaran nantinya, lessee berurusan dengan lebih dari satu pihak. 

2. Fungsi Leasing

Fungsi leasing adalah menyediakan pembiayaan produk dengan jangka menengah. Bedanya, bank konvensional akan memberikan pinjamannya dalam bentuk uang, sedangkan leasing memberikan pinjaman dalam bentuk barang yang selanjutnya barang tersebut harus dicicil atau diangsur. 

Contohnya seperti dalam pembelian sepeda motor. Tanpa adanya pihak leasing, kamu harus membeli sepeda motor secara tunai, dan tentunya akan memberatkan. Apalagi jika kamu seorang karyawan pabrik atau kantoran biasa, yang butuh waktu bertahun-tahun untuk membelinya. 

3. Kelebihan dan Manfaat Leasing

  • Fleksibel 
    Struktur kontrak dalam leasing bisa dibilang bersifat fleksibel. Hal ini dikarenakan besaran jangka waktu ataupun nominal pembayaran dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan atau kebutuhan lessee. 
  • Pelayanan cepat 
    Prosedur pembayaran yang tidak membutuhkan waktu lama atau pembayarannya terbilang sederhana dan cepat. Sehingga, nasabah bisa lebih mudah dan efisien dalam memperoleh barang. 
  • Capital Saving 
    Lessee tidak perlu mengeluarkan modal awal sepeser pun karena pembiayaan tersebut sudah disediakan oleh pihak lessor sebesar 100 persen. Bahkan, nasabah dapat menggunakan dananya untuk kebutuhan lain. 
  • Cara mendapatkan aktiva 
    Leasing adalah salah satu cara memperoleh aktiva Ketika seseorang memerlukannya namun terkendala biaya. Manfaat leasing yang satu ini merupakan alasan utama banyak orang yang menggunakannya. 

4. Contoh perusahaan Leasing

PT BCA Finance. 
PT Oto Multi Artha. 
PT Summit Oto Finance. 
PT Bussan Auto Finance. 
PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM). 
PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. 
PT Federal International Finance (FIF). 
Itulah beberapa penjelasan tentang leasing yang perlu kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips keuangan leasing bisnis uang pembiayaan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top